This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nafisah, Rifda Izzatun (2024) Analisis literasi matematika dalam menyelesaikan masalah berbasis etnomatematika ditinjau dari kemampuan siswa. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
Text
Rifda Izzatun Nafisah_06040420067.pdf Download (6MB) |
|
Text
Rifda Izzatun Nafisah_06040420067_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 January 2028. Download (6MB) |
Abstract
Tuntutan matematika bagi siswa tidak hanya berfokus pada memiliki kemampuan berhitung saja, tetapi juga mencakup kemampuan untuk menggunakan keterampilan tersebut dalam menyelesaikan masalah matematika, yang dikenal sebagai literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan masalah berbasis etnomatematika ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islamic Qon Gresik pada semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas VIII. Subjek penelitian terdiri dari dua subjek berkemampuan matematika tinggi, dua subjek berkemampuan matematika sedang, dan dua subjek berkemampuan matematika rendah yang dipilih berdasarkan nilai ulangan harian matematika materi bangun datar. Pemelihan subjek yang digunakan yaitu dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes literasi matematika dan wawancara. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi kesemua lima indikator literasi matematika, yaitu mampu mengidentifikasi aspek matematis dalam masalah, mampu merepresentasikan permasalahan, mampu menyusun dan menggunakan strategi penyelesaian masalah, mampu menggunakan fakta, konsep, dan prosedur yang ada untuk memecahkan masalah, serta mampu menafsirkan jawaban yang diperoleh pada konteks dunia nyata. Siswa dengan kemampuan matematika sedang mampu memenuhi empat dari lima indikator literasi matematika, mereka tidak mampu dalam menafsirkan jawaban yang diperoleh pada konteks dunia nyata. Sementara itu, siswa dengan kemampuan matematika rendah hanya mampu memenuhi satu dari lima indikator literasi matematika, yaitu merepresentasikan permasalahan yang ada secara matematis.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Keterampilan Matematika Budaya |
||||||||||||
Keywords: | Literasi matematika, etnomatematika, kemampuan matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Rifda Izzatun Nafisah | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Jan 2025 07:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Jan 2025 07:46 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75620 |
Actions (login required)
View Item |