Tinjauan perbuatan bullying guru terhadap siswa dalam perspektif kriminologi dan hukum pidana islam: studi kasus di SDN Sidorejo Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rini, Finanda Septia (2024) Tinjauan perbuatan bullying guru terhadap siswa dalam perspektif kriminologi dan hukum pidana islam: studi kasus di SDN Sidorejo Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Finanda Septia Rini_05040321103 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Finanda Septia Rini_05040321103 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 January 2028.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tinjauan Tindak Pidana Bullying Guru Terhadap Siswa dalam Perspektif Kriminologi dan Hukum Pidana Islam Studi Kasus di SDN Sidorejo Kabupaten Mojokerto”. Merupakan penelitianuntuk menjawab rumusan masalah 1).Bagaimana tinjauan tindak pidana bullying guru terhadap siswa dalam perspektif kriminologi di SDN Sidorejo Kabupaten Mojokerto dan 2).Bagaimana tinjauan tindak pidana bullying guru terhadap siswa dalam perspektif hukum pidana Islam di SDN Sidorejo Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini merupakan jenis penelitian empiris yang menggunakan pendekatan studi kasus. Data di analisis menggunalan metode deskriptif analitis yang didukung oleh pola pikir induktif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sidorejo Kabupaten Mojokerto. Hasil penelitian ini menyimpulkan mengenai. Pertama, tinjauan kriminologi tindak pidana bullying guru terhadap siswa di SDN Sidorejo Kabupaten Mojokerto, disini penulis membahas faktor yang mempengaruhi pelaku melakukan tindak pidana bullying dalam teori asosiasi diferensial karena adanya kekuasaan atau jabatan dan juga adanya perilaku menyimpang melalui interaksi dengan kelompok atau individu. Kedua, tindak pidanabullyingguru terhadap siswa dalam hukum positif diatur pada UU No.35 tahun 2014 tentang perubahan atas UU No.23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, Pasal 76 C. Sedangkan dalam tinjauan hukum pidana Islam tindak pidana bullying guru terhadap siswa di kenakan sanksi Ta’zir.Berdasarkan kesimpulan di atas, penulis memberikan saran diperlukan penguatan etika profesi dan nilai moral melalui pelatihan agar lebih memahami pentingnya menghormati, dan juga pelatihan pengelolaan emosisiswa perlu diberikan pemahaman tentang hak-hak mereka, termasuk hak untuk terbebas dari segala bentuk kekerasan, baik fisik maupun verbal. Perlu meningkatkan pengawasanterhadap perilaku guru, membuat kebijakan anti-bullying yang tegas, melakukan edukasi tentang bullying. Saran dalam hukum pidana Islam memberikan jaminan pentingnya keadilan, perlindungan hak, dan pelatihan moral bagi pelaku maupun korban. Dengan menerapkan nilai-nilai Islam yang melarang zalim, menghormati hak individu, diharpkan lingkungan sekolah menjadi tempat yang aman, adil baik untuk siswa maupunguru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rini, Finanda Septiafinandasr16@gmail.com05040321103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaidy, Abd. Basithbasithjunaidy71@gmail.com2021107102
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Pidana
Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Bullying; Kriminologi; Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Finanda Septia Rini
Date Deposited: 22 Jan 2025 03:20
Last Modified: 22 Jan 2025 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75851

Actions (login required)

View Item View Item