Pengaruh kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMAN 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Azizatul (2024) Pengaruh kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMAN 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azizatul Maghfiroh_06010121006 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Azizatul Maghfiroh_06010121006 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2028.

Download (2MB)

Abstract

Mengingat guru berperan sebagai panutan dalam bidang pendidikan, kompetensi kepribadian guru angatlah penting. Selain membantu peserta didik dalam mengembangkan kecerdasan intelektualnya, guru yang berkarakter tinggi juga dapat membantu peserta didik menciptakan kepribadian yang menyenangkan. Keinginan peserta didik untuk belajar dapat dipengaruhi secara positif oleh guru yang mudah bergaul dan memiliki karakter yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kompetensi kepribadian guru PAI di SMAN 2 Sidoarjo, 2) motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 2 Sidoarjo, 3) pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMAN 2 Sidoarjo. Penelitian ini mengkaji pengaruh kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMAN 2 Sidoarjo dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian cross-sectional. Data dikumpulkan secara bersamaan. Semua siswa kelas XI di SMAN 2 Sidoarjo diberikan kuesioner menggunakan skala Likert sebagai bagian dari proses pengumpulan data, yang juga melibatkan dokumentasi. Sebanyak 473 partisipan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI, yang dibagi menjadi 12 kelompok belajar. Untuk mengumpulkan 50 tanggapan, peneliti memilih sampel acak sebesar 10% dari seluruh populasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata kompetensi kepribadian guru PAI SMAN 2 Sidoarjo sebesar 84%, termasuk dalam kategori sangat baik. 2) Pada kelas XI SMAN 2 Sidoarjo motivasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti rata-rata sebesar 80%, termasuk dalam kategori baik. 3) Berdasarkan persamaan regresi Y = 3,948 + 0,530 X, secara sederhana dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI SMAN 2 Sidoarjo dengan menggunakan persamaan regresi linier sederhana. Koefisien X sebesar 0,530 dan nilai Konstanta (Intercept) sebesar 3,948. Terdapat korelasi yang cukup signifikan antara variabel X dengan variabel Y, ditunjukkan dengan diperolehnya koefisien korelasi R sebesar 0,718. Korelasi antara kompetensi kepribadian guru dengan motivasi belajar bersifat sangat positif, ditunjukkan dengan nilai sebesar 0,718. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa motivasi belajar peserta didik kelas XI SMAN 2 Sidoarjo dipengaruhi secara signifikan oleh kompetensi kepribadian guru PAI.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Azizatulazizatulm2003@gmail.com06010121006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorHunaida, Wiwin Luqnawiwinluqna@uinsby.ac.id2002077402
Subjects: Guru
Kepribadian
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Keywords: Kompetensi Kepribadian; Guru PAI; Motivasi Belajar Peserta Didik.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azizatul Maghfiroh
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:51
Last Modified: 16 Jan 2025 05:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75867

Actions (login required)

View Item View Item