Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti dalam konteks pendidikan inklusif di SMP Negeri 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sumarno, Andien Rahwandira (2024) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti dalam konteks pendidikan inklusif di SMP Negeri 13 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andien Rahwandira S_06040121089.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Andien Rahwandira S_06040121089_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 16 January 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai bagaimana penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam danbudi pekerti dalam konteks pendidikan inklusif di SMP Negeri 13 Surabaya. Latar belakang penelitian ini dilakukan karena menyangkut hak setiap warga negarauntuk memperoleh layanan pendidikan yang setara, termasuk mereka yang berkebutuhan khusus. Hadirnya layanan pendidikan inklusif sebagai bentuk daripemerataan layanan pendidikan di sekolah umum menghasilkan kontribusi positif dalam memenuhi hak tersebut. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yang sebelumnya dominan diakses oleh peserta didik tanpa berkebutuhan khusus, kinidapat dirasakan oleh peserta didik berkebutuhan khusus. Dalam konteks ini pemilihan strategi pembelajaran yang tepat menjadi aspek yang krusial agar tujuanpembelajaran tercapai. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi yang memahamisetiap karakteristik peserta didik, dipilih menjadi pendekatan yang efektif untukmemenuhi kebutuhan pembelajaran peserta didik.Pendekatan penelitian yang digunakan dalam studi ini menggunakanpenelitian kualitatif. Penelitian ini dikategorikan sebagai jenis penelitian lapangan(field research), merujuk pada penelitian yang langsung melihat pada lokasi yangditeliti di SMP Negeri 13 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukandalam penelitian ini melalui kegiatan wawancara oleh guru Pendidikan AgamaIslam di kelas Inklusif, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukanmelalui tahapan reduksi data, penyajian data dan validitas data untuk memastikankeakuratan dari hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaranberdiferensiasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekertidalam konteks pendidikan inklusif di SMP Negeri 13 Surabaya telah berjalan baik.Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan memperhatikan analisis kebutuhanpeserta didik yang mencakup tingkat kemampuan, minat dan gaya belajar mereka.Pendidik merancang modul yang fleksibel, modifikasi materi dan metode sesuaidengan karakteristik peserta didik. Dalam pelaksanaan, pendidik menggunakanpenerapan pembelajaran berdiferensiasi mengikuti kemampuan peserta didik.Penggunaan teknologi dalam pembelajaran, seperti PPT dan video interaktif,menjadi salah satu inovasi yang membantu meningkatkan partisipasi aktif pesertadidik. Evaluasi pembelajaran berupa tugas atau konten yang beragam. Pendekatanini tidak hanya memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk mengekspresikanide-ide mereka, tetapi juga membantu membangun lingkungan belajar yang inklusifdan mendukung perkembangan sosial serta emosional mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sumarno, Andien Rahwandiradirandien04@gmail.com06040121089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pembelajaran berdiferensiasi; Pendidikan Agama Islam; inklusif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Andien Rahwandira Sumarno
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:24
Last Modified: 16 Jan 2025 05:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/75903

Actions (login required)

View Item View Item