This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Firdaus, Vika Mustaqotul (2025) Pengaruh model complete sentence berbantuan media teplok (telur ceplok) terhadap kemampuan menulis pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas IV di MINU Waru 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Vika Mustaqotul Firdaus_06040721119 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Vika Mustaqotul Firdaus_06040721119 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 January 2028. Download (6MB) |
Abstract
Keterampilan menulis siswa kelas IV di MINU Waru 1 Sidoarjo belum mampu menulis kalimat dengan baik dan benar. Indikasinya yaitu masih banyak siswa kesulitan mengetahui unsur-unsur kalimat. Selain itu, perilaku siswa seperti bermain sendiri, tidak memperhatikan penjelasan guru, dan berinteraksi dengan teman lainnya selama pembelajaran menjadi indikator bahwa mereka kurang tertarik pada mata pelajaran ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Complete Sentence berbantuan media teplok terhadap kemampuan menulis kalimat transitif dan intransitif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di MINU Waru 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah kelas IV-C sebagai kelas kontrol dan kelas IV-D sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi instrumen secara keseluruhan dinyatakan valid. Kemudian uji reliabilitas menunjukkan nilai sebesar 0,731 mengindikasikan tingkat reliabilitas yang tinggi. Adapun uji tingkat kesukaran berada pada kategori sedang. Untuk uji daya pembeda menunjukkan bahwa instrument tes memiliki kualitas yang cukup baik. Pada tahap pretest, hasil menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelompok kontrol sebesar 75,14, sedangkan kelas eksperimen sebesar 75,82. Setelah diberikan perlakuan posttest, menggunakan model konvensional pada kelas kontrol, nilai rata-rata meningkat menjadi 80,75. Sebaliknya, kelas eksperimen yang menggunakan model Complete Sentence menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan, yaitu mencapai rata-rata 85,07. Analisis normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov menunjukkan bahwa data penelitian pada kedua kelas berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas memperoleh nilai sebesar 0,703>0,05. Dan untuk uji t ditemukan signifikansi (2-tailed) sebesar 0.024 < 0,05 pada kedua kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam kemampuan menulis kalimat transitif dan intransitif di kelas IV MINU Waru 1 Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Indonesia Keterampilan Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Model Complete Sentence; Kemampuan Menulis; Kalimat Transitif dan Intransitif | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Vika Firdaus | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:58 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76057 |
Actions (login required)
View Item |