This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohmah, Evi Alfiatur (2025) مشكلات تعليم اللغة العربية في مدرسة منبع العلوم الثانوية الإسلامية ماجافوراغدي غرسيك دراسة مقارنة بين تطبيق المنهج الدراسي 2013 و المنهج الدراسي مرديكا:. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Evi Alfiatur Rohmah_06010220003 full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 February 2028. Download (6MB) |
![]() |
Text
Evi Alfiatur Rohmah_06010220003.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di MA Manbaul Ulum Mojopurogede Gresik (Studi Komparasi Penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka). Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut; 1) menganalisis problematika dan solusi pembelajaran bahasa Arab di MA Manbaul Ulum Gresik penerapan kurikulum 2013. 2) menganalisis problematika dan solusi pembelajaran bahasa Arab di MA Manbaul Ulum Gresik penerapan kurikulum merdeka. 3) menganalisis perbedaan dan persamaan problematika pembelajaran bahasa Arab di MA Manbaul Ulum Gresik. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan penelitian meliputi wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru bahasa Arab, dan sebagian siswa XI-A & XII-A. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Teknik analisis data sesuai dengan analisis Miles and Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) ketidaksesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan Rencana pembelajaran, kurang optimalnya penerapan pendekatan saintifik, kurangnya pemanfaatan IT oleh guru, dan kesulitan memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Solusi yang diterapkan meliputi pelatihan melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran, penambahan jam belajar di kelas diniyah, dan pemilihan metode pembelajaran yang sesuai. 2) kesulitan dalam menganalisis capaian pembelajaran, menyusun alur tujuan pembelajaran, dan modul ajar yang sesuai kurikulum merdeka, pelaksanaan pendekatan pembelajaran berbeda (differentiated instruction) yang belum maksimal, metode konvensional masih dominan, guru masih kesulitan memanfaatkan variasi media pembelajaran, guru mengalami kendala dalam menentukan asesmen yang sesuai dengan kemampuan siswa. Solusi yang diterapkan meliputi pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka, pengelolaan kelas adaptif, variasi metode pembelajaran, serta penyediaan sumber dan media belajar relevan. 3) Perbedaan keduanya terletak pada fleksibilitas perencanaan, penerapan pendekatan pembelajaran yang berbeda, dan pendekatan penilaian. Kurikulum Merdeka lebih fleksibel tetapi menuntut kreativitas lebih dari guru. Persamaan problematika meliputi ketidaksesuaian antara rencana dan pelaksanaan pembelajaran, dominasi metode konvensional, minimnya pemanfaatan IT, serta kesulitan dalam penilaian yang relevan dengan kebutuhan siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Arab Kurikulum Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Problematika; pembelajaran Bahasa Arab; kurikulum 2013; kurikulum merdeka | ||||||||||||
Depositing User: | Evi Alfiatur Rohmah | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2025 08:38 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Feb 2025 08:38 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76505 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |