This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
'Alaniah, Almas Sharfina (2024) Pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Kurikulum Merdeka: studi Kasus di MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Almas Sharfina Alaniah_02040822064 OK.pdf Download (629kB) |
|
Text
Almas Sharfina Alaniah_02040822064 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 4 February 2028. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengorganisasian pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, dan SKI) dalam kurikulum Merdeka. Jenis penelitian yang dipilih adalah penelitian lapangan atau field research yang dilakukan di MA Darul Ulum Waru Sidoarjo pada peserta didik kelas X. Subjek penelitian ini yaitu empat guru Pendidikan Agama Islam MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik obseravsi (Pengamatan), Wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis untuk menyimpulkan hasil penelitian ini. Adapun hasil penelitian ini meliputi: 1) Analisis Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) bahwa sekolah ini dimulai dari memahami CP dengan harapan guru dapat secara efektif menentukan kompetensi yang ingin dicapai, materi yang relevan, dan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan. TP dirumuskan berdasarkan CP dengan cara menyusun dengan menambahkan kata kerja operasional. Selanjutnya ATP dirancang oleh guru sebagai alat membantu dan mengatur pembelajaran sesuai dengan jadwal minggu efektif dan jam belajar yang tersedia. Tahap terakhir adalah merancang Modul Ajar. 2) Pengorganisasian pembelajaran berdiferensiasi pada mata Pelajaran PAI kurikulum Merdeka bahwa sekolah ini dimulai dari menyusun modul ajar. Dalam mengorganisir materi pembelajaran secara menyeluruh, para guru bidang Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, dan SKI membagi isi setiap materi dan cara penyampaian materi. Strategi yang dilakukan guru PAI diantaranya, media pembelajaran, interaksi antara peserta didik dan media, serta struktur pembelajaran. Media pembelajaran sebagai bagian dari strategi penyampaian yang bertugas untuk menyampaikan pesan kepada peserta didik, dengan cara melalui manusia, alat, atau materi pembelajaran. Interaksi antara peserta didik dan media merujuk pada aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik serta peran media dalam merangsang kegiatan pembelajaran tersebut. Dalam proses pelaksanaan pembelajaaran di kelas, guru bidang Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, dan SKI menggunakan pendekatan tematik. 3) Asesmen pembelajaran PAI dalam kurikulum Merdeka bahwa sekolah ini menggunakan tiga jenis asesmen, yaitu asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif. Asesmen diagnostic diberikan kepada peserta didik berupa pertanyaan dan google form. Asesmen formatif berupa tugas kelompok dan diskusi kelas, ulangan harian, memberikan soal esai, melakukan presentasi di kelas. Asesmen sumatif berupa Penilaian Akhir Semester (PAS).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Pengorganisasian Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Kurikulum Merdeka | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Almas Sharfina 'Alaniah | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 02:17 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 02:17 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/76842 |
Actions (login required)
View Item |