Pengaruh implementasi The Learning Cell terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Kelas XI IPA SMA Islam Duduksampeyan Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhifah, Nadhifah (2009) Pengaruh implementasi The Learning Cell terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Kelas XI IPA SMA Islam Duduksampeyan Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (108kB)
[img]
Preview
Text
bab. 1.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. 2.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. 3.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. 5.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. 4.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. pustaka.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

The learning cell atau belajar berpasangan adalah suatu bentuk belajar kooperatif dalam bentuk berpasangan dimana peserta didik bertanya dan menjawab pertanyaan secara bergantian berdasar pada materi bacaan yang sama. The learning cell merupakan salah satu teknik pembelajaran yang membantu siswa belajar dengan lebih efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi the learning cell, motivasi belajar siswa serta pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran fiqih di kelas XI IPA SMA Islam Duduksampeyan Gresik. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi the learning cell pada mata pelajaran fiqih di kelas XI IPA SMA Islam Duduksampeyan Gresik?, (2) Bagaimanakah motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas XI IPA SMA Islam Duduksampeyan Gresik?, (3) Bagaimanakah pengaruh implementasi the learning cell terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas XI IPA SMA Islam Duduksampeyan Gresik? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menganalisis dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, interview, angket dan dokumentasi. Berdasarkan analisa terhadap data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan the learning cell di SMA Islam Duduksampeyan Gresik adalah cukup baik, (2) Motivasi belajar siswa di SMA Islam Duduksampeyan Gresik tergolong cukup baik, (3) Ada pengaruh penerapan the learning cell terhadap motivasi belajar mata pelajaran fiqih di SMA Islam Duduksampeyan Gresik berdasarkan analisis, diperoleh r hitung 0,472 sedangkan r tabel pada taraf signifikasi 5% adalah 0,344 dan pada taraf signifikasi 1% adalah 0,442 dengan jumlah responden 35 siswa. jadi r hitung lebih besar daripada r tabel berarti hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada korelasi antara implementasi the learning cell dengan motivasi belajar siswa diterima, sedangkan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Kemudian korelasi penerapan the learning cell dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas XI IPA SMA Islam Duduksampeyan Gresik adalah cukup. Hal ini berdasarkan tabel interpretasi nilai r, dimana r hitung 0, 472 berada antara 0,400 sampai dengan 0,700 yang berarti korelasinya cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhifah, Nadhifah--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: The Learning Cell
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 05 Sep 2018 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7711

Actions (login required)

View Item View Item