Proses pengendalian pemasaran majalah Hidayatullah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musfiroh, Lailatul (2025) Proses pengendalian pemasaran majalah Hidayatullah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
B04301112_Lailatul Musfiroh_2005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah:1). Bagaimana bentuk pemasaran majalah Hidayatullah?, dan 2). Bagaimana proses pengendalian pemasaran Majalah Hidayatullah?. Dalam menjawab permasalahan tersebut, metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Metode deskriptif peneliti gunakan untuk melukiskan variabel demi variabel, satu demi satu. Dan teknik analisis data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini, yaitu teknik analisis domain (domain analysis). Artinya analisis hasil penelitian ini hanya ditargetkan untuk memperoleh gambaran seutuhnya dari obyek yang diteliti, tanpa harus diperincikan secara detail unsur-unsur yang ada dalam keutuhan obyek penelitian tersebut. Dari metode dan teknik analisis data yang peneliti gunakan tersebut, maka diperoleh suatu kesirnpulan bahwa bentuk pemasaran majalah Hidayatullah yakni dalam bentuk pendirian agen-agen diseluruh wilayah Indonesia yang menjadi sasaran pendistribusian majalah Hidayatullah. Dan biasanya yang ditunjuk sebagai agen majalah Hidayatullah di setiap daerah tersebut merupakan orang-orang Cabang Pondok Pesantren Hidayatullah yang berada di daerah yang bersangkutan. Mengenai mekanisme pemasaran, pengurus majalah Hidayatullah memberlakukan sistem kongsinasi (kerja sama) dengan para penjual, yakni memberlakukan adanya pembatasan retur (sisa) sekitar 5% dari oplag pemesanan majalah. Sedangkan proses pengendalian pemasaran majalah Hidayatullah di berbagai wilayah Indonesia lebih dititik beratkan pada proses pengendalian uang pembayaran dari hasil penjualan majalah Hidayatullah. Mekanisme pembayaran majalah Hidayatullah tersebut yakni dengan menggunakan sistem 2:1. Artinya setelah pelanggan menerima 2 buah majalah Hidayatullah, maka pelanggan diwajibkan untuk membayar sebanyak 1 kali saja dengan jumlah nominal sesuai dengan harga 2 majalah. Dengan kata lain, pembayaran majalah Hidayatullah dapat dilakukan belakangan. Dengan adanya hasil penelitian (skripsi) yang berjudul "Proses Pengendalian Pemasaran majalah Hidayatullah ini, maka ada beberapa hal yang perlu peneliti rekomendasikan: pertama, hendaknya pengurus Majalah Hidayatullah lebih mengintensifkan koordinasi dengan agen-agen yang ada di daerah-daerah yang menjadi sasaran pendistribusian -misalnya lewat telepon atau fax-, sehingga kelebihan atau bahkan kekurangan dalam hal pencetakan Majalah Hidayatullah tidak akan pernah terjadi. Dan kedua, hendaknya pengurus majalah Hidayatullah lebih mengintensifkan pengontrolan dalam hal pengendalian pemasaran majalah Hidayatullah -khususnya yang berkaitan dengan masalah pembayaran Majalah Hidayatullah didaerah-daerah, sehingga penyimpangan-penyimpangan keuangan yang dimungkinkan akan terjadi dapat dieliminir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musfiroh, LailatulUNSPECIFIEDB04301112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDZuhdi, M. NadimUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Strategi
Pemasaran
Keywords: pemasaran; majalah Hidayatullah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Jan 2025 01:45
Last Modified: 30 Jan 2025 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77257

Actions (login required)

View Item View Item