This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fatimah, Ika (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT KELAS III MI NURUL HUDA LENGKONG. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
LKPT155 Ika Fatimah.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan peneliti di MI Nurul Huda Lengkong bahwa proses pembelajaran konsep pemahaman Akidah Akhlak merupakan hal yang sering kali dianggapa sulit. Hal ini sesuai dengan dialami oleh peneliti selaku praktisi pendidikan di MI Nurul Huda Lengkong. Berdasarkan hasil pra tes atau soal pra tindakan Materi Iman Kepada Malaikat pada mata pelajaran Akidah Akhlak, siswa kelas III MI Nurul Huda Lengkong, dari 10 siswa hanya 3 siswa (30 %) yang dapat menyelesaikan soal dengan benar (tuntas belajarnya), selebihnya 7 siswa (70 %) belum dapat menyelesaikan soal dengan benar (belum tuntas). Adapun tujuan penelitian ini adalah 1. Mengetahui kemampuan siswa dalam memahami Materi Iman Kepada Malaikat Kelas III MI Nurul Huda Lengkong Cerme Gresik saat ini. 2. Mengetahui penerapan model pembelajaran Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa Materi Iman Kepada Malaikat Kelas III MI Nurul Huda Lengkong Cerme Gresik. 3. Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajan Snowball Throwing pada Materi Iman Kepada Malaikat Kelas III MI Nurul Huda Lengkong Cerme Gresik.Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan melalui tindakan dari siklus I, siklus II dan siklus III dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisa yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas III di MI Nurul Huda Lengkong Cerme Gresik dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran Snowball Throwing. Secara khusus penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Pemahaman materi iman kepada malaikat pada siswa kelas III MI Nurul Huda Lengkong Cerme Gresik pada pra siklus dengan memberikan tes awal (pra tes), hanya ada 3 siswa yang tuntas belajar dengan prosentase ketuntasan 30% dengan rata-rata nilai kelas 66. Sedangkan 7 dari 10 siswa lainnya belum mencapai ketuntasan belajar yang ditentukan. 2. Penerapan model pembelajaran snowball throwing pada siswa kelas III MI Nurul Huda Lengkong Cerme Gresik dapat dideskripsikan pada aktivitas keterampilan siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I, siklus II dan siklus III. Peningkatan tersebut terlihat pada aktivitas siswa mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan pada siklus I ada 30% , kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 50 % dan meningkat pada siklus III menjadi 70%. 3. Pemahaman materi iman kepada malaikat setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas III MI Nurul Huda Lengkong Cerme Gresik mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Other) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Hasil Belajar |
||||||||
Keywords: | Hasiil belajar; model pembelajaran snowball throwing | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) | ||||||||
Depositing User: | Ainun Syarifah | ||||||||
Date Deposited: | 04 Feb 2025 14:25 | ||||||||
Last Modified: | 04 Feb 2025 14:25 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/77424 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |