This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Almazi, Muhammad Sakhi (2025) Gaya kepemimpinan kepala madrasah people oriented dalam mendorong kinerja guru di MIN 2 kota surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Muhammad Sakhi Almazi_06020321039 OK.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Muhammad Sakhi Almazi_06020321039 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 18 March 2028. Download (4MB) |
Abstract
Muhammad Sakhi Almazi, 2025 NIM. 06020321039, Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah People-Oriented Dalam Mendorong Kinerja Guru di MIN 2 Kota Surabaya. Dosen pembimbing I Dr. Mardiyah, M.Ag. dan Dosen pembimbing II Dr. Arif Mansyuri, M.Pd. Penelitian ini merupakan hasil tentang gaya kepemimpinan kepala madrasah people oriented dalam mendorong kinerja guru di MIN 2 kota Surabaya. Tujuan penelitian ini antara lain adalah (1) Mendeskripsikan Kepemimpinan People-Oriented oleh Kepala Madrasah di MIN 2 Kota Surabaya; (2) Mengidentifikasi Peningkatkan Kinerja Guru di MIN 2 Kota Surabaya; (3) Menganalisis Implikasi Kepemimpinan People-Oriented oleh Kepala Madrasah dalam Mendorong Kinerja Guru di MIN 2 Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan penelitian lapangan yakni teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber, teknik, waktu. Analisis data menggunakan dari Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) adanya Penerapan kepemimpinan people-oriented di MIN 2 Kota Surabaya, diantaranya: Kepala Madrasah memperhatikan kebutuhan dan kepentingan bawahan dengan rutin melaksanakan kegiatan koordinasi dengan guru serta tenaga pendidikan dalam menerima masukan terkait kebutuhan untuk penunjang pengembangan dunia pembelajaran, Kepala Madrasah menumbuhkan sikap saling percaya dan menciptakan kebijakan yang konsisten dengan nilai-nilai yang membangun kepercayaan melalui dukungan kepada guru dan staff dalam pengembangan professional, Kepala Madrasah menghornati dan mengapresiasi pendapat bawahan dengan membuka forum untuk semua guru dan tenaga kependidikan di setiap ada rapat dinas ataupun rapat pendidikan. Kepala Madrasah memberikan kebebasan menyampaikan pendapat dari setiap individu, sehingga keputusan tercipta tidak hanya dari Kepala Madrasah tetapi dari semua gagasan pihak Madrasah, Kepala Madrasah mempunyai empati yang tinggi dengan Memperhatikan Psikologi (Perasaan) Bawahan, dengan menciptakan lingkungan positif dengan cara komunikasi terbuka antar pegawai, mengadakan family ghatering atau membuat acara game antar guru, dan memperhatikan setiap kondisi guu ketika pemberian tugas. (2) adapun Peningkatkan kinerja guru di MIN 2 Kota Surabaya sebagai berikut: Peningkatan kualitas guru, Peningkatan kuantitas kinerja guru, Ketepatan waktu guru, Efektivitas kinerja guru, Kemandirian kinerja guru, (3) Penerapan kepemimpinan people oriented oleh Kepala Madrasah memiliki keterkaitan dengan peningkatan kinerja guru, penerapan kepemimpinan ini memiliki dampak sangat signifikan terhadap kinerja di MIN 2 Kota Surabaya. Salah satu dampaknya adalah meningkatnya motivasi guru dan staff karena merasa dihargai dan didukung. Dari rasa itu maka kualitas pengajaran meningkat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Guru Kepala Sekolah Kepemimpinan |
||||||||||||
Keywords: | Gaya Kepemimpinan; Kepala Madrasah; People-Oriented Leadership; Kinerja Guru. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Sakhi Almazi | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Mar 2025 07:00 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Mar 2025 07:00 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/78946 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |