Pengembangan bahan ajar leaflet untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik materi kegiatan ekonomi mata pelajaran IPAS kelas IV kurikulum merdeka di MIN 1 Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur'aini, Hepy Dwi (2025) Pengembangan bahan ajar leaflet untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik materi kegiatan ekonomi mata pelajaran IPAS kelas IV kurikulum merdeka di MIN 1 Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hepy Dwi Nuraini_06020721041 OK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Hepy Dwi Nuraini_06020721041 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 June 2028.

Download (5MB)

Abstract

Bahan ajar leaflet ini merupakan sebuah bahan ajar berisi materi kegiatan ekonomi mata pelajaran IPAS kurikulum merdeka yang disusun sesuai dengan kemampuan dan karakteristik peserta didik kelas untuk kelas IV B di MIN 1 Gresik. Permasalahan yang ditemukan pada saat pra-penelitian adalah guru tidak menyusun bahan ajar sendiri dan peserta didik kekurangan bahan ajar pegangan untuk belajar mandiri sehingga motivasi belajar peserta didik menurun. Hal tersebut melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengatasi masalah yang ditemukan, yakni mengembangkan bahan ajar leaflet dalam pembelajaran IPAS di kelas IV B MIN 1 Gresik untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan angket. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B di MIN 1 Gresik yang berjumlah 23 peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Validasi bahan ajar yang dilakukan oleh ahli materi sebesar 78% dan ahli media sebesar 80% yang keduanya termasuk dalam kategori “valid”, 2) Kepraktisan bahan ajar dari respon guru dan peserta didik terhadap bahan ajar leaflet yang masing-masing mendapat persentase sebesar 70% dan 79% yang keduanya termasuk dalam kategori “praktis”. 3) Keefektifan bahan ajar dari hasil pretest peserta didik menunjukkan rata-rata sebesar 79, sedangkan rata-rata posttest sebesar 82,96 yang artinya terdapat peningkatan pada motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar leaflet. Adapun uji t berpasangan yang dilakukan untuk memastikan terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah peserta didik menggunakan bahan ajar leaflet. Hasil uji t mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,001 pada one-sided p dan 0,002 pada two-sided p, yang kedunya lebih kecil dari 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar leaflet. Maka, berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa bahan ajar leaflet valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran IPAS materi kegiatan ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur'aini, Hepy Dwihepydwinuraini1@gmail.com06020721041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, M. Bahribahrimusthofa@uinsby.ac.id2022077302
Thesis advisorSyaifuddin, Radensyaifuddinraden450@gmail.com2007047501
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Bahan ajar leaflet; motivasi belajar; IPAS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hepy Dwi Nur'aini
Date Deposited: 07 Jun 2025 04:52
Last Modified: 07 Jun 2025 04:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79097

Actions (login required)

View Item View Item