This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Wardani, Federika Junia Putri (2025) Hubungan kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan menulis puisi siswa kelas V di MIN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Federika Junia Putri Wardani_06010721012 OK.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Federika Junia Putri Wardani_06010721012 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 April 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V MIN 1 Sidoarjo yang dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis puisi siswa kelas V di MIN 1 Sidoarjo. Faktor yang turut mempengaruhi kondisi tersebut adalah terbatasnya waktu yang dialokasikan untuk pembelajaran puisi. Keterbatasan waktu ini menyebabkan siswa tidak memiliki kesempatan yang cukup untuk mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif mereka. Di samping itu, rendahnya tingkat literasi di kalangan siswa kelas V juga menjadi faktor penghambat. Kurangnya kebiasaan membaca membatasi perbendaharaan kata dan referensi siswa, yang pada gilirannya mempengaruhi kemampuan mereka dalam menghasilkan karya puisi yang berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain non-eksperimental korelasional dengan melibatkan 28 siswa kelas VB MIN 1 Sidoarjo yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes keterampilan menulis puisi yang dinilai menggunakan rubrik tervalidasi dengan tingkat validitas 95% (kategori sangat valid) dan reliabilitas dengan tingkat 94,74% (reliabel) serta dokumentasi. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan nilai signifikansi untuk kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,002 dan keterampilan menulis puisi sebesar 0,025. Dengan nilai signifikansi < 0,05, data kedua variabel tidak berdistribusi normal, sehingga analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian mengungkapkan adanya hubungan positif yang cukup kuat antara kemampuan berpikir kreatif dan keterampilan menulis puisi, ditunjukkan dengan koefisien korelasi Spearman (rs) sebesar 0,766 dan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kemampuan berpikir kreatif siswa, semakin baik pula keterampilan mereka dalam menulis puisi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Indonesia Keterampilan Menulis Puisi |
||||||||||||
Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif; Keterampilan Menulis Puisi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Federika Junia Putri Wardani | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Apr 2025 18:28 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Apr 2025 18:28 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79140 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |