Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah bullying pada sekolah ramah anak di SMPN 1 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasari, Annisaa (2025) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah bullying pada sekolah ramah anak di SMPN 1 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisaa Permatasari_06040121092.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Annisaa Permatasari_06040121092_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 April 2028.

Download (1MB)

Abstract

Bullying merupakan salah satu permasalahan serius yang masih terjadi di lingkungan sekolah, termasuk di SMPN 1 Taman Sidoarjo yang telah menerapkan program Sekolah Ramah Anak sejak tahun 2015. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bentuk-bentuk bullying yang terjadi, faktor penyebab, serta strategi pencegahan dan penanganan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan kondusif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bullying di SMPN 1 Taman Sidoarjo terdiri dari bullying fisik, verbal, dan cyber, dengan cyber bullying sebagai bentuk yang paling sering terjadi. Faktor utama yang menyebabkan bullying meliputi faktor pertemanan, ego individu, serta pengaruh lingkungan keluarga dan masyarakat. Dalam upaya pencegahan, guru PAI memberikan pemahaman kepada peserta didik, bahwa tindakan bullying dilarang oleh Allah SWT. Sedangkan penanganan bullying di SMPN 1 Taman Sidoarjo dengan mengadakan edukasi anti-bullying melalui kegiatan pembelajaran, sosialisasi, serta pengawasan dari guru dan satgas sekolah. Guru PAI memainkan peran penting dalam menanamkan nilai-nilai Islam melalui strategi Uswatun Hasanah (keteladanan), pendidikan bahasa dalam Ta’lim al-Muta’allim, pemberian sanksi edukatif berbasis agama, serta mendoakan peserta didik agar memperoleh kesadaran dan perubahan perilaku. Strategi ini terbukti efektif dalam membentuk karakter peserta didik agar menjauhi perilaku bullying dan menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permatasari, Annisaaannisaap0423@gmail.com06040121092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuqit, Abdh.abd.muqit@gmail.com2012036802
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Guru
Kenakalan Anak dan Remaja
Pendidikan Islam
Keywords: Bullying; sekolah ramah anak; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Annisaa Permatasari
Date Deposited: 11 Apr 2025 01:08
Last Modified: 11 Apr 2025 01:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79275

Actions (login required)

View Item View Item