This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rizqiyah, Afi (2024) Kurikulum keputrian di pesantren putri nahdlatul ulama: studi atas kurikulum di pondok pesantren putri salafiyah Bangil Pasuruan dan pondok pesantren putri Al Khoziny Buduran Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Afi Rizqiyah_02040823001 OK.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Afi Rizqiyah_02040823001 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 April 2028. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengaruh bias lama berupa budaya patriarki dan bias baru berupa gerakan feminisme ekstrem yang memengaruhi kehidupan perempuan hingga saat ini. Pondok Pesantren Putri Salafiyah dan Pondok Pesantren Putri Al Khoziny, sebagai pesantren berbasis Nahdlatul Ulama, memiliki visi dan misi untuk memberdayakan perempuan serta memberikan kesempatan yang setara bagi perempuan untuk berperan di ranah publik. Selain itu, kedua pesantren ini memiliki program intrakurikuler dan kokurikuler keputrian yang diasumsikan dapat membekali santriwati dengan pengetahuan terkait peran perempuan sesuai dengan fitrah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi materi pembelajaran dalam kurikulum keputrian di kedua pesantren serta metode pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain multikasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengacu pada model Miles dan Huberman yang mencakup kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian meliputi pengasuh pesantren, guru kependidikan, pengajar program keputrian, dan santriwati. Untuk memastikan validitas data, dilakukan triangulasi sumber dan metode. Objek penelitian adalah kurikulum keputrian di Pondok Pesantren Putri Salafiyah dan Pondok Pesantren Putri Al Khoziny. Penelitian ini menggunakan teori Ralph W. Tyler dalam membedah struktur kurikulum, dan menggunakan teori muba>dalah dalam menganalisis kajian gender yang termuat dalam materi kurikulum keputrian di kedua pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum keputrian di Pondok Pesantren Putri Al Khoziny mencakup kajian akhlak, fikih perempuan, relasi suami istri, dan pelatihan dakwah. Sebagian besar materi kurikulum keputrian di kedua pesantren mendukung pengembangan pengetahuan, keterampilan, wawasan, dan sikap santriwati sesuai dengan fitrah perempuan dan asas kesetaraan gender, sehingga memungkinkan mereka untuk berkontribusi secara aktif di lingkungan domestik maupun publik. Namun, terdapat sebagian materi yang belum sepenuhnya mencerminkan asas kesalingan antara laki-laki dan perempuan. Meskipun demikian, cara pengajar menyampaikan materi sesuai dengan asas kesalingan. Penelitian ini berargumen bahwa sebagian materi kurikulum keputrian di pesantren putri Nahdlatul Ulama tidak relevan dengan asas kesalingan tapi cara guru menyampaikan materi membuat materi keputrian yang ada menjadi kompatibel.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum Wanita dalam Islam Wanita |
||||||||||||
Keywords: | Kurikulum Keputrian; Nahdlatul Ulama; Pesantren | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Afi Rizqiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Apr 2025 05:43 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Apr 2025 05:43 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79456 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |