Pengaruh media pohon pinus (pintar rukun Islam) terhadap kemampuan mengenal Rukun Islam pada anak usia 5-6 tahun di PG TK Plus al-Afkar Bungurasih Tengah Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani S, Shalsyabila (2025) Pengaruh media pohon pinus (pintar rukun Islam) terhadap kemampuan mengenal Rukun Islam pada anak usia 5-6 tahun di PG TK Plus al-Afkar Bungurasih Tengah Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shalsyabila Fitriani S_06040921083 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 April 2028.

Download (4MB)
[img] Text
Shalsyabila Fitriani S_06040921083.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kemampuan mengenal Rukun Islam pada anak usia 5-6 Tahun di PG TK PLUS AL-AFKAR Bungurasih Tengah Waru Sidoarjo, yang menunjukkan bahwa Sebagian anak masih banyak yang belum mampu dalam mengenal Rukun Islam sebagaimana mana mestinya Rukun Islam ialah pondasi penting dalam Pendidikan anak usia dini. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mengenal Rukun Islam pada anak usia 5-6 tahun di PG TK PLUS AL-AFKAR Bungurasih Tengah Waru Sidoarjo sebelum dan sesudahnya diterapkannya media Pohon Pinus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Quasi Eksperiment Dalam bentuk Noneqivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data meliputi Tes (Pre-test dan Post-test). Untuk uji instrumen dengan menggunakan uji Validitas dan Realibilitas. Analisis, Untuk Uji soal pretest dan posttest dilakukkannya menggunakan uji kesukaran soal dan daya pembeda. Sedangkan untuk analisis data menggunakan uji analisis deskriptif, normalitas, homogenitas, dan uji independent sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Pohon Pinus berpengaruh terhadap kemampuan mengenal rukun islam pada anak usia 5-6 tahun di PG TK PLUS AL-AFKAR Bungurasih Tengah Waru Sidoarjo. Yang dapat dilihat pada nilai rata-rata yang diperoleh 69.38 sebelumnya diberikan treatment menggunakan media Pohon Pinus, sedangkan rata-rata nilai yang diperoleh sesudahnya diberikan treatment menggunakan Pohon Pinus yakni 87.81 dapat dilihat bahwa adanya peningkatan sebelum dan sesudahnya diberikan treatment penggunan media Pohon Pinus. Dengan perhitungan Uji independent sample T-Test memperoleh nilai signifikansi (Sig. 2- tailed) sebesar 0.000 yang lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05). Hasil ini menunjukkan bahwa HO ditolak dan Hi diterima, sehingga terdapat perbedaan antara hasil pre-test dan post-test kemampuan mengenal Rukun Islam setelah diberikannya penggunaan media Pohon Pinus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani S, Shalsyabilashasyasalam27@gmail.com06040921083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWahyuni, Akhtimakhtimwahyuni@uinsa.ac.id2020037303
UNSPECIFIEDAziz, Yahyayahya_aziz15@yahoo.com2029087203
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Media
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Media pohon pinus; Rukun Islam; anak TK
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Shalsyabila fitriani s
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:10
Last Modified: 21 Apr 2025 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79497

Actions (login required)

View Item View Item