This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Burhanuddin, Nizam (2025) Pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar peserta didik pada program madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nizam Burhanuddin_06020121063.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Nizam Burhanuddin_06020121063_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 April 2028. Download (3MB) |
Abstract
Kompetensi profesional guru merupakan kemampuan yang harus dikuasai guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Sehingga bila kompetensi profesional guru terpenuhi maka diharapkan hasil belajar peserta didik dapat tercapai dengan baik, termasuk dalam program madrasah diniyah. Namun faktanya di SD Khazanah Ilmu Wage Sidoarjo ditemukan bahwa sedikit dari guru madrasah diniyah SD Khazanah Ilmu yang merupakan lulusan dari pendidikan agama Islam. Hal itu tidak sejalan dengan teori watak kerja profesionalisme yang disampaikan oleh Abdurrozaq Hasibuan. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru pada program madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada program madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage, dan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar peserta didik pada program madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Dimana kompetensi profesional guru madrasah diniyah (X) menjadi variabel independen dan hasil belajar peserta didik pada program madrasah diniyah (Y) menjadi variabel dependen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik SD Khazanah Ilmu yang berjumlah 525 dan sampel diambil menggunakan teknik purposive random sampling yang berjumlah 30 peserta didik. Peneliti memilih teknik pengumpulan data variabel independen melalui angket dan variabel dependen melalui dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data guna menguji hipotesis menggunakan teknik hitung regresi linier sederhana dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Kompetensi profesional guru madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage Sidoarjo berada pada kategori sangat baik, dibuktikan melalui hasil angket diperoleh 63,33% responden memberi penilaian sangat baik. (2) Hasil belajar peserta didik pada program madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage Sidoarjo berada pada kategori SaB (Sangat Berkembang) atau setara dengan sangat baik, dibuktikan melalui dokumentasi nilai rapor peserta didik madrasah diniyah semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025, 60% responden berada dalam kategori SaB (Sangat Berkembang). (3) Ada pengaruh yang signifikan dari kompetensi profesional guru terhadap hasil belajar peserta didik pada program madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Wage Sidoarjo, dibuktikan berdasarkan uji hipotesis yang didapatkan hasil hitung yakni nilai signifikansi sebesar 0,00 sedangkan taraf signifikansi sebesar 0,05. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi atau 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak atau Ha diterima.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Profesionalisme Guru |
||||||||||||
Keywords: | Guru; Pendidikan Agama Islam (PAI) | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Nizam Burhanuddin | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Apr 2025 02:36 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79599 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |