Pengaruh modal usaha, strategi pemasaran dan teknologi terhadap pendapatan UMKM kota Surabaya: studi kasus pada UMKM Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suwito, Ahmad Faidlul Khabir (2025) Pengaruh modal usaha, strategi pemasaran dan teknologi terhadap pendapatan UMKM kota Surabaya: studi kasus pada UMKM Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Faidlul Khabir Suwito_08040121074 OK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Ahmad Faidlul Khabir Suwito_08040121074 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 April 2028.

Download (4MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia memegang peranan penting dalam pembangunan ekonomi nasional. Pada penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis antara modal usaha, strategi pemasaran dan teknologi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linier berganda menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 130 orang dari total populasi 4439 pelaku usaha di Kecamatan Wonocolo, Kota Surabaya. Penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan sampel representatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel independen modal usaha, strategi pemasaran dan teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan Wonocolo. Sedangkan secara simultan ketiga variable independen memiliki pengaruh signifikan terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan Wonocolo. Hasil dari nilai R Square sebesar 0,690 atau sama dengan 69,0%, sedangkan sisanya sebesar 31,0% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti dan dibahas pada penelitian ini. Masyarakat di Kecamatan Wonocolo diharapkan lebih memahami pentingnya penggunaan modal usaha secara optimal, lebih menggunakan strategi pemasaran dengan baik dan pemanfaatan teknologi dengan modern. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan bisa mengembangkan penelitian ini lebih berkembang dan lanjut dengan menambah variabel independen lain yang mempunyai pengaruh lebih besar dan memperluas cakupan penelitian dengan menambah jumlah sampel dan area penelitian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suwito, Ahmad Faidlul Khabirahmadfaidlul06@gmail.com08040121074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasya, Maziyah Mazzamaziyah.mazza@uinsa.ac.id--
Subjects: Ekonomi
Pemasaran
Teknologi
Keywords: Modal Usaha; Strategi Pemasaran; Teknologi dan Pendapatan UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ahmad Faidlul Khabir Suwito
Date Deposited: 29 Apr 2025 12:49
Last Modified: 29 Apr 2025 12:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/79877

Actions (login required)

View Item View Item