Strategi usaha mikro kecil dan menengah tahu dalam meningkatkan pendapatan dan perannya dalam meningkatkan perekonomian desa: studi kasus UMKM Tahu Bu Luluk Desa Tempel, Krian, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Angelica (2025) Strategi usaha mikro kecil dan menengah tahu dalam meningkatkan pendapatan dan perannya dalam meningkatkan perekonomian desa: studi kasus UMKM Tahu Bu Luluk Desa Tempel, Krian, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Angelica Putri_08040121079.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Angelica Putri_08040121079_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 May 2028.

Download (2MB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tahu dalam meningkatkan pendapatan dan perannya dalam perekonomian desa tempel, sidoarjo. Usaha tahu di desa tempel merupakan salah satu sektor UMKM yang cukup berkembang dan memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal. namun, meskipun potensi pasar yang besar, banyak pelaku UMKM tahu yang masih menghadapi berbagai tantangan dalam meningkatkan produksi, pemasaran, serta kualitas produk. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada beberapa pelaku UMKM tahu di Desa Tempel. Data diperoleh melalui wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan oleh pelaku usaha tahu di Desa Tempel antara lain mencakup peningkatan kualitas produk, efisiensi dalam proses produksi, diversifikasi produk, dan pemanfaatan teknologi untuk mempermudah pemasaran. Selain itu, pelaku usaha juga aktif menjalin kemitraan dengan distributor lokal serta memperluas jaringan pasar melalui pemasaran digital dan penjualan langsung ke konsumen. Peran UMKM tahu dalam perekonomian Desa Tempel cukup berdampak. Usaha ini tidak hanya menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar, tetapi juga mendorong pertumbuhan sektor-sektor terkait, seperti distribusi bahan baku dan sektor perdagangan. Pendapatan yang dihasilkan dari usaha tahu juga memberikan kontribusi terhadap pendapatan rumah tangga dan meningkatkan daya beli masyarakat desa. Dengan meningkatnya pendapatan, perekonomian desa mengalami perkembangan yang lebih baik. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang tepat dalam mengelola usaha tahu dapat meningkatkan pendapatan pelaku usaha serta memberikan dampak positif terhadap perekonomian desa secara keseluruhan. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari berbagai pihak,termasuk pemerintah, untuk menciptakan kebijakan yang mendukung perkembangan UMKM, agar mereka dapat terus berkembang dan memberikan manfaat lebih besar bagi perekonomian lokal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Angelicabrndaardnaaputrii@gmail.com08040121079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetiawati, Riska Ayuriska.ayu@uinsby.ac.id--
Subjects: Ekonomi
Jual Beli
Pemasaran
Keywords: Strategi; UMKM; pendapatan; perekonomian desa
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Angelica Putri
Date Deposited: 05 May 2025 04:56
Last Modified: 05 May 2025 04:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80038

Actions (login required)

View Item View Item