Implementasi metode Market Place Activity dalam meningkatkan hasil belajar PAI Kelas VII di SMPN 1 Sekaran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saharani, Vanissa Arum (2024) Implementasi metode Market Place Activity dalam meningkatkan hasil belajar PAI Kelas VII di SMPN 1 Sekaran Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vanissa Arum Saharani_06020120051 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Vanissa Arum Saharani_06020120051 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 May 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode market place activity dalam meningkatkan hasil belajar PAI kelas VII di SMPN 1 Sekaran? Bagaimana implementasi metode market place activity dalam meingkatkan hasil belajar PAI kelas VII di SMPN 1 Sekaran? Bagaimana evaluasi pembelajaran dengan menggunakan metode market place activity dalam meningkatkan hasil belajar PAI kelas VII di SMPN 1 Sekaran? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa; 1) Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan metode market place activity dalam meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan dengan menghitung hari efektif fakultatif, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan silabus, menyiapkan bahan ajar, menyiapkan media yang diperlukan saat proses pembelajaran, dan mengelompokkan peserta didik, kemudian memilih sub-sub materi yang akan dibagikan, dam membentuk kelompok sebanyak sub materi, serta memberikan waktu yang cukup untuk setiap kelompok dalam menyiapkan hasil presentasi yang akan disampaikan. 2) Implementasi metode market place activity dalam meningkatkan hasil belajar siswa dilakukan dalam beberapa tahap diantaranya yaitu peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian setiap kelompok berdiskusi dan menyiapkan untuk materi yang akan disampaikan yang dituangkan dalam sebuah karya seperti peta konsep, poster, dan lain-lain, kemudian setelah hasil kerja kelompok selesai setiap kelompok memperjual belikan hasilnya ke kelompok lain ada yang menjadi penjual dan pembeli informasi. 3) Evaluasi metode pembelajaran market place activity dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMPN 1 Sekaran dilakukan dengan mengevaluasi materi yang telah disampaikan, evaluasi ini mencakup evaluasi materi yang disampaikan, evaluasi teknis pembelajaran yang mencakup mulai dari awal kelompok melakukan presentasi sampai selesai dan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan metode market place activity secara keseluruhan. Dapat disimpulkan metode market place activity pada mata pelajaran PAI ini ternyata berdampak baik terhadap hasil belajar siswa, yang mana setelah diterapkannnya metode market place activity ini siswa-siswa tersebut lebih mudah memahami materi yang disampaikan dan membuat hasil belajar siswa meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saharani, Vanissa Arumvanissaarum1@gmail.com06020120051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto----
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Wajib Belajar
Keywords: Metode Market Place Activity; hasil belajar; PAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Vanissa Arum Saharani
Date Deposited: 08 May 2025 06:28
Last Modified: 08 May 2025 06:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80149

Actions (login required)

View Item View Item