This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ariani, Disti (2025) تحليل مهارة التفكير العالي (HOTS) في بنود الأسئلة للتقييم التلخيصي لمادة اللغة العربية في ضوء تصنيف بلوم للصف التاسع في مدرسة دار العلوم المتوسطة الإسلامية وارو سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Disti Ariani_06020220032.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Disti Ariani_06020220032_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 May 2028. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada butir soal asesmen sumatif mata pelajaran Bahasa Arab dalam perspektif Taksonomi Bloom di kelas IX MTs Darul Ulum Waru, Sidoarjo, tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini memfokuskan pada dua hal utama, yaitu: (1) menganalisis tingkat Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada butir soal asesmen sumatif, dan (2) memberikan rekomendasi perbaikan untuk soal yang belum memenuhi kriteria Higher Order Thinking Skills (HOTS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 30 butir soal asesmen sumatif yang dianalisis, terdapat 6 soal yang memenuhi kriteria Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan level kognitif C4 (analisis). Soal-soal ini terdiri dari bentuk pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, dan menjodohkan. Sementara itu, sebanyak 24 soal lainnya tergolong dalam kategori Lower Order Thinking Skills (LOTS) pada level kognitif C1 (mengingat), C2 (memahami), dan C3 (mengaplikasikan). Rendahnya tingkat kognitif pada soal-soal Lower Order Thinking Skills (LOTS) disebabkan oleh sederhana dan lemahnya stimulus soal serta tidak efektifnya pengecoh jawaban yang tersedia, sehingga siswa dapat dengan mudah menebak jawaban tanpa berpikir lebih mendalam. Penelitian ini merekomendasikan perbaikan soal dengan meningkatkan level kognitif soal menjadi Higher Order Thinking Skills (HOTS), menggunakan stimulus yang lebih menantang seperti teks atau gambar yang relevan, serta merancang pengecoh jawaban yang lebih efektif. Selain itu, wawancara dengan guru Bahasa Arab menunjukkan bahwa soal-soal asesmen disusun berdasarkan pengalaman mengajar tanpa mengacu pada prinsip Higher Order Thinking Skills (HOTS) secara spesifik. Oleh karena itu, pelatihan dalam pengembangan soal berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas asesmen. Perbaikan ini diharapkan mampu mendorong siswa berpikir kritis, analitis, dan kreatif sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Arab Metode Pembelajaran Psikologi Belajar |
||||||||||||
Keywords: | Higher order thinking skills (HOTS); analisis butir soal; asesmen sumatif; lower order thinking skills (LOTS) | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||||||
Depositing User: | DISTI ARIANI | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 May 2025 06:02 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 May 2025 06:28 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80318 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |