This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Cahyarini, Felisa Putri (2025) Analisis dampak media sosial tiktok terhadap akhlak dan moral anak usia dini berdasarkan perspektif guru dan orang tua : studi kasus di TK Al-Fikri Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Felisa Putri Cahyarini_06010921007 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Felisa Putri Cahyarini_06010921007 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 June 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya penggunaan TikTok di kalangan anak usia dini, yang dapat membawa dampak terhadap perkembangan akhlak dan moral mereka. Anak-anak pada usia ini cenderung meniru perilaku yang mereka lihat di media sosial yang dapat mempengaruhi sikap dan nilai moral mereka dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui dampak media sosial TikTok terhadap akhlak dan moral anak usia dini berdasarkan perspektif guru di TK Al-Fikri Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui dampak media sosial TikTok terhadap akhlak dan moral anak usia dini berdasarkan perspektif orang tua di TK Al-Fikri Sidoarjo. 3)Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam menanamkan nilai akhlak dan moral anak dengan adanya media sosial TikTok di era digital pada anak di TK AL-Fikri Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan guru dan orang tua, observasi terhadap perilaku anak, serta analisis dokumen terkait. Subjek pada penelitian ini adalah wali kelas kelompok B serta orangtua dari 4 siswa kelompok B. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk memahami pengaruh TikTok terhadap perkembangan akhlak anak serta upaya yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam menanamkan nilai moral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan TikTok berdampak pada perilaku anak, baik dalam aspek positif maupun negatif. Beberapa anak menunjukkan kecenderungan meniru gerakan tarian atau bahasa yang tidak sesuai dengan usia mereka. Namun, dengan pendampingan yang tepat, TikTok juga dapat digunakan sebagai media edukatif. Adapun upaya guru dan orang tua siswa dalam menanamkan moral dan akhlak anak seperti memberikan batasan waktu penggunaan gadget, mengawasi konten yang dikonsumsi, serta menanamkan nilai-nilai agama dan etika dalam kehidupan sehari-hari. Kerja sama melalui pertemuan rutin juga dilakukan untuk mengoptimalkan pembentukan karakter anak secara konsisten.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Media Sosial Persepsi Guru Orang tua dan Anak |
||||||||||||
Keywords: | TikTok; Perkembangan Moral Anak; Perspektif Guru dan Orang Tua | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Felisa Cahyarini | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2025 03:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2025 03:58 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/80921 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |