This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Arosida, Nunik (2025) Studi kasus pemerolehan bahasa anak usia 3-4 tahun di Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan: kajian psikolinguistik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Nunik Arosida_03010421019 OK.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Nunik Arosida_03010421019 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 25 June 2028. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan sebagai deskripsi gambaran yang mendalam mengenai pemerolehan bahasa pada anak-anak usia 3-4 tahun yang tinggal di Kecamatan Mantup, kabupaten Lamongan. Fokus utama kajian ini terletak pada aspek fonologi, yang mencakup perkembangan pengucapan dan pelafalan bunyi-bunyi bahasa, serta aspek sintaksis, yang melibatkan struktur dan penyusunan kalimat yang dihasilkan oleh anak-anak dalam berkomunikasi dengan menggunakan teori menurut Noam Chomsky. Selain itu penelitian juga mengidentifikasi berbagai faktor yang mempengaruhi proses pemerolehan bahasa dalam teori Lev Vygotsky, yaitu baik yang berasal dari lingkungan sosial, pola interaksi, maupun kondisi individual anak, sehingga diharap bisa berkontribusi praktis dan teoritis pada bidang psikolinguistik. Metode penelitian yang menggunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk menjelaskan dan menganalisis data secara mendalam sesuai dengan fenomena yang diamati. Metode yang diterapkan meliputi observasi langsung untuk memantau perilaku dan pola komunikasi anak, teknik pancing untuk memicu respon bahasa secara alami, serta wawancara mendalam dengan tiga anak yang menjadi subjek penelitian beserta orang tua mereka. Pendekatan ini diharapkan mampu mengungkap dinamika pemerolehan bahasa secara komprehensif, baik dari segi interaksi verbal anak maupun pengaruh lingkungan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek fonologi, anak-anak mulai menguasai bunyi dasar bahasa Indonesia, meskipun terdapat beberapa fonem yang belum sempurna diucapkan. Dalam aspek sintaksis, anak-anak telah mampu menyusun kalimat sederhana dengan struktur subjek dan predikat, serta mulai memahami penggunaan objek dan keterangan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemerolehan bahasa meliputi lingkungan keluarga, interaksi sosial, dan stimulasi verbal, yang terbukti memberikan dampak signifikan pada perkembangan bahasa anak. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami pemerolehan bahasa anak usia dini, khususnya pada konteks fonologi dan sintaksis, serta pentingnya lingkungan yang mendukung perkembangan kemampuan berbahasa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Bahasa Indonesia Komunikasi Orang tua dan Anak |
||||||||
Keywords: | Pemerolehan bahasa; fonologi; sintaksis; anak usia dini | ||||||||
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia | ||||||||
Depositing User: | Nunik Arosida | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2025 07:51 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2025 07:51 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |