Efektivitas model pembelajaran core(connecting, organizing, reflecting, extanding) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi gerak benda kelas VII di SMP Negeri 3 Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriyah, Laila Nor (2025) Efektivitas model pembelajaran core(connecting, organizing, reflecting, extanding) terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi gerak benda kelas VII di SMP Negeri 3 Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Laila Nor Fitriyah_06041021047 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Laila Nor Fitriyah_06041021047 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2028.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII SMPN 3 Waru Sidoarjo. Hal ini disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang dirasa masih kurang optimal, model yang diterapkan adalah model pembelajaran discovery learning, pada penerapannya saat proses diskusi berlangsung peserta didik belum terlibat secara keseluruhan, selain itu guru juga masih merasa kesulitan menilai pemahaman peserta didik dalam kerja kelompok. Maka dari itu, peneliti melakukan perbaikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran CORE, diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Fokus penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran CORE terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest With Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitan ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui tes, observasi dan angket. Analisis data menggunakan uji validitas ahli, analisis lembar observasi, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test, uji N-Gain dan angket. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan berpikir kreatif peserta didik yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini diperkuat dengan hasil uji Independent sample t-test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, adanya perbedaan hasil posttest antara kelas kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas eksperimen memperoleh skor lebih tinggi, dan skor N-Gain di kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol dengan kriteria peningkatan minimal skor N-Gain > 0,30 yang dalam kategori sedang hingga tinggi, kelas eksperimen menunjukkan hasil 0,6278 dengan kategori sedang sedangkan di kelas kontrol menunjukkan hasil 0,2523 dengan kategori rendah. Nilai hasil observasi aktivitas guru dan siswa di kelas eksperimen menunjukkan hasil dengan kategori sangat baik yaitu aktivitas guru sebesar 98,8 dan aktivitas murid sebesar 98,3. Perolehan skor angket respon siswa di kelas eksperimen menunjukkan hasil persentase 86,88 dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VII pada materi gerak benda di SMP Negeri 3 Waru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriyah, Laila Norlailanurfitriyah27@gmail.com06041021047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Laila Norlailanurfitriyah27@gmail.com06041021047
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Model Pembelajaran CORE; Berpikir Kreatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPA
Depositing User: Laila Nor Fitriyah
Date Deposited: 26 Jun 2025 05:10
Last Modified: 26 Jun 2025 05:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81343

Actions (login required)

View Item View Item