This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Firanti, Aulia Putri (2025) Interaksi sosial anak usia dini yang kecanduan gadget. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Aulia Putri Firanti_06040921059 ok.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Aulia Putri Firanti_06040921059 full.pdf Restricted to Repository staff only until 24 March 2028. Download (6MB) |
Abstract
Interaksi dengan teman sebaya merupakan kunci bagi anak untuk belajar keterampilan sosial seperti berbagi, bekerja sama, dan memahami perasaan orang lain. terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk bermain gadget dapat menghambat perkembangan sosial alami anak. Waktu yang dihabiskan di depan layar gadget mengurangi waktu bermain anak dengan teman-temannya. Akibatnya, anak-anak menjadi kurang terlatih dalam keterampilan sosial seperti berkomunikasi dan bekerja sama. Hal ini dapat berdampak jangka panjang pada kemampuan mereka untuk membangun hubungan sosial yang sehat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data yang telah terkumpul akan dilakukan proses analisis data dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penggunaan Gadget dapat dimanfaatkan oleh berbagai kalangan dan untuk beragam keperluan, bergantung pada kebutuhan masing-masing penggunanya.. penggunaan gadget pada anak usia dini biasanya lebih terbatas, umumnya difokuskan sebagai media pembelajaran, bermain game, atau menonton video. Durasi serta frekuensi penggunaan gadget juga bervariasi antara anak-anak dan orang dewasa, tergantung pada kebiasaan dan kebutuhan masing-masing individu. Pada umumnya, anak usia dini lebih sering menggunakan gadget untuk bermain game dibandingkan dengan aktivitas lainnya. Berdasarkan hasil penelitian mengenai Dinamika Interaksi Sosial Anak Usia Dini yang Kecanduan Gadget, dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget memiliki dampak terhadap interaksi sosial anak usia dini. 1. Penurunan Interaksi Sosial Akibat Kecanduan Gadget 2. Peran Orang Tua dan Lingkungan dalam Mengelola Penggunaan Gadget 3. Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget 4. Strategi Pengelolaan Gadget yang Efektiff.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Orang tua dan Anak Anak > Kepribadian |
||||||||||||
Keywords: | Interaksi sosial; gadget | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Aulia Putri Firanti | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2025 03:07 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2025 03:07 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81420 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |