Pengaruh pembelajaran moral reasoning pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terhadap pemahaman siswa kelas V MIN 1 Kota Surabaya.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ashari, Azizah Salsabillah (2025) Pengaruh pembelajaran moral reasoning pendidikan pancasila dan kewarganegaraan terhadap pemahaman siswa kelas V MIN 1 Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Azizah Salsabillah Ashari_06010721010 OK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Azizah Salsabillah Ashari_06010721010 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 July 2028.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman siswa dalam pembelajaran PPKn di kelas V MIN 1 Kota Surabaya. Banyak siswa kurang aktif dan mengalami kesulitan dalam memahami materi, terutama karena mata pelajaran PPKn sering dianggap sebagai hafalan semata tanpa penerapan nilai-nilai karakter secara nyata di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran moral reasoning dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel terdiri dari 54 siswa kelas V yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan metode moral reasoning dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui obsevasi dan test, kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial serta uji Mann-Whitney kemudian uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan pemahaman materi “Pancasila dalam Kehidupanku” pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen meningkat secara signifikan lebih tinggi, sedangkan kelompok kontrol juga meningkat namun lebih rendah setelah diberi perlakuan uji Mann-Whitney dan uji N-Gain dengan rata-rata nilai kelompok eksperimen memperoleh skor 0,7818 (kategori tinggi), sedangkan kelompok kontrol hanya memperoleh skor 0,2424 (kategori rendah). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran moral reasoning berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PPKn. Pembelajaran ini dapat direkomendasikan sebagai alternatif mengajar yang inovatif dan interaktif dalam pembelajaran PPKn di sekolah dasar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ashari, Azizah Salsabillahazizahsalsabillahasharisinau@gmail.com06010721010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsa.ac.id2010097301
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Pancasila
Keywords: Pembelajaran moral reasoning; pemahaman siswa pancasila
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Azizah Salsabillah Ashari
Date Deposited: 04 Jul 2025 05:58
Last Modified: 04 Jul 2025 05:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81611

Actions (login required)

View Item View Item