Epistemologi Tafsir Abuddin Nata dalam Tafsir Ayat-Ayat Pendidkan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roisyah, Miftakhul (2025) Epistemologi Tafsir Abuddin Nata dalam Tafsir Ayat-Ayat Pendidkan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhul Roisyah (07010321012) OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Miftakhul Roisyah (07010321012) Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 17 June 2028.

Download (1MB)

Abstract

Kajian Epistemologi Kitab Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan Karya Abuddin Nata merupakan analisis penting, karena permasalahan epistemologi bukan sekadar membahas filsafat saja namun mencakup semua displin keilmuan Islam juga ilmu tafsir. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan merupakan tafsir yang ditulis dalam bahasa Indonesia dengan ciri khas yang menarik, penggunaan bahasa praktis dan mudah dimengerti pembaca. Problem kajian dalam riset ini mencakup 1) bagaimana sumber dan metode penafsiran Abuddin Nata dalam Kitab Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan 2) bagaimana corak dan validtas penafsiran Abuddin Nata dalam Kitab Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Adapun tujuannya yaitu untuk menjelaskan penafsiran yang dilakukan Abuddin Nata, serta epistemologi kitab tafsirnya yang mencakup sumber rujukan, metodologi, serta corak dan validitas penafsiran dalam kitab Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Guna mengatasi permasalah-permasalahan tadi, riset ini sifatnya kepustakaan (library research) dengan menerapkan metode deskriptif-analitis dan pendekatannya historis serta filosofis. Pendekatan historis guna menguatkan pemahaman mengenai latar belakang keilmuan serta konteks sosial-budaya kehidupan Abuddin Nata, dan pendekatan filosofis adalah guna mengeksplorasi epistemologi kitab Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan dengan mempertimbangkan sumber rujukan, metodologi, serta corak, dan validitas penafsirannya. Terkait validitas benar tidaknya karya tafsir bisa dilakukan pengujian melalui tiga teori yaitu teori koherensi, korespondensi dan teori pragmatisme. Perolehan riset ini dapat ditarik simpulan bahwa penafsiran Abuddin Nata terfokuskan pada ayat-ayat pendidikan saja. Epistemologi kitab Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan lebih menonjolkan metode bi al-ra’yi, sebab Abuddin Nata lebih menonjolkan penggunaan rasio. Cara yang dipakai dalam menafsirkan yaitu metode tahlili dan coraknya lebih dominan pada corak tarbawi serta dilengkapi dengan corak ilmi. Adapun validitas penafsirantelah teruji dengan tiga teori filsafat, yakni koherensi, korespondensi serta teori pragmatisme. Pada teori koherensi Abuddin Nata relatif konsisten menampakkan metodologi dalam karya tafsirnya. Sedangkan dari teori pragmatisme penafsiran Abuddin Nata selalu memberikan kesimpulan serta nasihat-nasihat kehidupan sehingga dapat memberikan pencerahan bagi pembacanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roisyah, Miftakhulmiftakhul.roisyah2@gmail.com07010321012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, M.H.I, Dr. Hje.musyarrofah@yahoo.co.id2014067102
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Tafsir; Abudin Nata
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Miftakhul Roisyah
Date Deposited: 30 Jun 2025 03:20
Last Modified: 30 Jun 2025 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81755

Actions (login required)

View Item View Item