تحليل التقييم التشخيصي غير المعرفي في عملية تعليم اللغة العربية للصف السابع في مدرسة دار السلامة المتوسطة باروه سامفانج

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahbubi, Abdillah (2025) تحليل التقييم التشخيصي غير المعرفي في عملية تعليم اللغة العربية للصف السابع في مدرسة دار السلامة المتوسطة باروه سامفانج. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdillah Mahbubi_06020221025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Abdillah Mahbubi_06020221025_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 July 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis asesmen diagnostik non-kognitif pada aspek motivasi belajar dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VII MTs Darussalamah Baruh Sampang dengan tujuan 1) Mengetahui koordinasi analisis asesmen diagnostik non-kognitif dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VII MTs Darussalamah Baruh Sampang, 2) Mengetahui pelaksanaan analisis asesmen diagnostik non-kognitif dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VII MTs Darussalamah Baruh Sampang, 3) Mengetahui tindak lanjut analisis asesmen diagnostik non-kognitif dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas VII MTs Darussalamah Baruh Sampang. Asesmen diagnostik non-kognitif berfungsi untuk menggali kondisi afektif siswa sebelum pembelajaran dimulai, sehingga guru dapat menyesuaikan strategi dan pendekatan yang tepat dalam proses belajar-mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. populasi penelitian ini adalah 28 siswa. Koordinasi awal dilakukan melalui penyusunan instrumen, konsultasi dengan guru, serta pengaturan teknis pelaksanaan asesmen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VII memiliki tingkat motivasi belajar yang bervariasi, dengan kategori sangat baik (6 siswa), baik (14 siswa), cukup (5 siswa), dan kurang (3 siswa). Guru menindaklanjuti hasil asesmen dengan menyusun rencana pembelajaran, memperkuat karakter siswa seperti disiplin dan tanggung jawab, serta melakukan monitoring dan evaluasi perkembangan motivasi siswa selama proses belajar. Hasil asesmen ini dijadikan sebagai dasar untuk menyusun strategi pembelajaran yang lebih adaptif dan penyusunan modul ajar sesuai kebutuhan siswa. Asesmen diagnostik non-kognitif terbukti efektif dalam mendukung pencapaian tujuan pembelajaran Bahasa Arab secara lebih optimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahbubi, Abdillahabdillahmahbubi@gmail.com06020221025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAliwafa, Aliwafaaliw87870@gmail.com2029016802
Thesis advisorSyafii, Syafiisyafii2121@Gmail.com2018107002
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Evaluasi
Keywords: Asesmen diagnostik; motivasi belajar; non-kognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Abdillah Mahbubi
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:39
Last Modified: 02 Jul 2025 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81802

Actions (login required)

View Item View Item