This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Afifah, Lely Nur (2025) Implementasi kurikulum merdeka dalam mengembangkan kemandirian anak usia dini di RA Al Munawwir Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Lely Nur Afifah_D99218060.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Lely Nur Afifah_D99218060_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 July 2028. Download (3MB) |
Abstract
Usia dini merupakan masa emas yang sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, sehingga memerlukan perhatian khusus dalam aspek pendidikan. Pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki peran penting dalam mengembangkan berbagai potensi anak, termasuk membentuk karakter mandiri. Salah satu pendekatan yang digunakan dalam proses pembelajaran di PAUD saat ini adalah Kurikulum Merdeka, yang memberikan keleluasaan kepada guru dan peserta didik untuk merancang kegiatan belajar sesuai dengan kebutuhan dan minat anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kurikulum merdeka dalam mengembangkan kemandirian anak serta mengetahui hambatan yang muncul dalam proses pengembangan kemandirian anak usia dini di RA Al Munawwir Lamongan. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum Merdeka telah dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Guru merancang pembelajaran menggunakan pendekatan diferensiasi serta menerapkan kegiatan pembelajaran berbasis proyek melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema “Aku Sayang Bumi”. Dari hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak baik secara fisik maupun sosial. Hambatan dalam implementasi kurikulum merdeka dalam mengembangkan kemandirian anak yaitu berasal dari keterbatasan pemahaman guru, minimnya sarana prasarana, serta kurangnya dukungan dan pemahaman orang tua tentang pentingnya kemandirian anak. Upaya mengatasi hambatan ini yaitu dengan melakukan pelatihan kepada guru, membuat inovasi media edukatif dan pembelajaran yang sederhana namun efektif, serta komunikasi intensif dengan orang tua peserta didik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Anak Anak > Kepribadian |
||||||||||||
Keywords: | Kurikulum merdeka; anak usia dini; kemandirian | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Lely Afifah | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 02:32 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 02:32 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |