Pengaruh Buku Berjenjang terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik Kelas 2 di Mi Miftahul Jinan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mujakki, Moh. Fiqih (2025) Pengaruh Buku Berjenjang terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik Kelas 2 di Mi Miftahul Jinan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Fiqih Mujakki_06020721052 OK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Moh Fiqih Mujakki_06020721052 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2028.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan memahami bacaan pada peserta didik kelas II di MI Miftahul Jinan Sidoarjo. Salah satu faktor penyebabnya adalah minimnya penggunaan media belajar yang sesuai dengan tingkat kemampuan mereka dan masih dominannya metode pembelajaran konvensional. Akibatnya, siswa kurang tertarik dan kesulitan memahami isi bacaan. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman membaca siswa serta dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa. Penggunaan buku berjenjang diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ditemukan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Mengetahui pengaruh buku berjenjang terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas 2 di MI Miftahul Jinan Sidoarjo. 2) Mengetahui kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas 2 di MI Miftahul Jinan Sidoarjo sesudah diberi buku berjenjang. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas II MI Miftahul Jinan Sidoarjo yang berjumlah 40 siswa, terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan observasi. Analisis data dilakukan dengan uji statistik deskriptif dan inferensial, termasuk uji normalitas, homogenitas, independent sample t-test, serta uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai rata-rata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 25,80, sedangkan hasil post-test meningkat menjadi 84,70. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca pemahaman setelah diberikan perlakuan. 2) Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan buku berjenjang terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. 3) Hasil uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata nilai kelas kontrol sebesar 0,46 yang termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan, pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai sebesar 0,80 yang tergolong dalam kategori tinggi dengan interpretasi efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mujakki, Moh. Fiqihfiqihmuzakki6197@gmail.com06020721052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
UNSPECIFIEDMusthofa, M. Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Subjects: Bahasa Indonesia
Pendidikan > Media
Buku > Buku bacaan -- Buku terpilih
Keywords: Buku berjenjang; kemampuan membaca pemahaman; siswa kelas 2; MI Miftahul Jinan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: fiqih muzakki
Date Deposited: 02 Jul 2025 03:04
Last Modified: 02 Jul 2025 03:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81959

Actions (login required)

View Item View Item