This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nafi'uddin, Moh. (2010) Pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Tsanawiyah Tanada Wadungasri Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
abstrak.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
daftar isi.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (11kB) | Preview |
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan ingin mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa dan mengetahui sejauh mana pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Tanada Wadungasri Waru Sidoarjo. Sebagai jawaban sementara dari permasalahan yang ada, penulis mengajukan hipotesis yaitu : Ada pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Tanada Wadungasri Waru Sidoarjo. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang diajukan, maka dilaksanakan penelitian terhadap obyek/lokasi penelitian, guna mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap pendidikan anak di sekolah khususnya MTs Tanada Wadungasri Waru Sidoarjo sebagai bukti kebenaran hipotesis. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelatif karena terdiri dari dua variabel. Perhatian orang tua sebagai independen variabel dan motivasi belajar siswa sebagai dependen variabel, dengan sejumlah polulasi 190 (tidak termasuk kelas IX) dan sebagai informan data adalah Kepala Madrasah, Dewan Guru, Wali Kelas dan Staf Tata Usaha. Dengan menetapkan sampel sebesar 15%, sehingga sampelnya sebesar 30 orang siswa. Dalam menentukan sampel digunakan metode Stratified random sampling. Dalam mengumpulkan data penelitian menggunakan dokumentasi, observasi interview dan angket. Sedangkan teknik analisa data menggunakan statistik dengan rumus regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh analisis uji Fhitung dari Ftabel dengan probabilitas 0,663 0,05 artinya tidak signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan antara variabel pengaruh perhatian orang tua (X) dan motivasi belajar siswa dalam persamaan regresi Y = 25,200 + 0,064 X bersifat tidak signifikan. Artinya perhatian orang tua tidak besar pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa dan nilai t hitung = 7,083 t tabel = 1,70 dengan p = 0,663 artinya intersep bersifat signifikan dan koefisien determinasi square (r2) sebesar 0,083 yang berarti tinggi rendahnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh perhatian orang tua dengan kata lain pengaruhnya rendah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran | ||||||||
Keywords: | Pendidikan Islam; akhlak; motivasi belajar | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2010 | ||||||||
Last Modified: | 30 Sep 2024 02:43 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8200 |
Actions (login required)
View Item |