PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR ANAK TUNA RUNGU DI SMALB B KARYA MULIA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Duroibah, Siti (2010) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENANGANI KESULITAN BELAJAR ANAK TUNA RUNGU DI SMALB B KARYA MULIA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah masalah penting dalam kehidupan manusia. Karena dengan pendidikan manusia dapat mencapai taraf hidup yang lebih baik. Sedangkan menangani anak berkebutuhan khusus terutama anak tuna rungu dalam dunia pendidikan pada saat ini merupakan tema yang sangat menarik untuk diteliti. Hal ini terlihat dalam pelaksanaan pendidikan, pemerintah menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional, salah satunya Pendidikan Luar Biasa (PLB). Sebagaimana yang tertera dalam Undang – Undang RI tentang sistem pendidikan nasional, bahwa pendidikan agama merupakan kurikulum wajib di setiap jenjang pendidikan.
Penelitian ini berusaha untuk mengetahui bagaimana peran guru bimbingan dan konseling sendiri dan bagaimana menangani kesulitan belajar anak tuna rungu di SMALB-B Karya Mulia Surabaya.
Untuk melihat realitas yang terjadi di lapangan, penelitian ini penulis mulai dengan dukungan literatur yang memadai, kemudian bermodalkan kajian literatur tersebut penulis jadikan dasar, dalam penelitan lapangan ini digunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menganalisis data yang diperoleh tanpa mempersoalkan hubungan antar variabel, dengan menjelaskan dan menempatkan data pada konteksnya masing – masing dan melukiskan dalam bentuk kata – kata, serta data – data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk disederhanakan ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterprestasikan. Untuk itu dalam pengumpulan data, peneliti gunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa adanya kerja sama antara guru kelas dan guru bimbingan dan konseling serta orang tua siswa sehingga proses pelaksanaan peran guru bimbingan konseling dapat berjalan dengan lancar dalam menangani kesulitan belajar anak tuna rungu di SMALB-B Karya Mulia Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Duroibah, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Bimbingan dan Konseling; kesulitan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8216

Actions (login required)

View Item View Item