Peran media sosial instagram dalam membangun branding komunitas she rise generation

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanin, Masyita Rachmawati (2024) Peran media sosial instagram dalam membangun branding komunitas she rise generation. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Masyita Rachmawati Hanin_04040521117.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Masyita Rachmawati Hanin_04040521117_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 August 2028.

Download (2MB)

Abstract

Komunitas She Rise Generation merupakan komunitas perempuan yang bertujuan untuk memberdayakan dan menginspirasi perempuan melalui pelatihan, seminar, dan kampanye sosial. Branding yang efektif tidak hanya mencakup pencitraan, tetapi juga keterlibatan komunitas (community engagement) untuk menciptakan rasa dan loyalitas dengan audiens. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media sosial Instagram melalui rumusan masalah yaitu bagaimana peran interaksi antara akun instagram @sherisegeneration dengan pengikutnya serta bagaimana strategi branding yang digunakan oleh komunitas she rise generation melalui Instagram. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori interaksi simbolik untuk mengeksplorasi upaya branding (community engagement). Data diperoleh melalui in-depth interview dengan informan yang terdiri dari anggota komunitas dan pengikut aktif akun komunitas di Instagram. Penelitian menunjukkan bahwa Instagram memiliki peran menjadi media utama untuk membangun interaksi serta hubungan keterlibatan dengan audiens melalui strategi branding konten visual yang menarik, narasi inspiratif, dan interaksi langsung melalui fitur Instagram. Upaya ini dapat menciptakan keterlibatan audiens, menciptakan koneksi emosional, memperluas jangkauan, serta memperkuat citra positif komunitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Instagram merupakan alat branding strategis untuk mendukung terjadinya keterlibatan komunitas dan menciptakan interaksi komunikasi. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pengelola komunitas dalam merancang strategi branding berbasis media sosial untuk memperkuat koneksi dengan audiens.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanin, Masyita Rachmawatimasyitarachanin2@gmail.com04040521117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBustomi, Abu Amarabu.amar@uinsby.ac.id2104027101
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Sosial
Organisasi Mahasiswa
Keywords: Branding; community engagement; komunitas she rise; media sosial instagram
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Masyita Rachmawati Hanin
Date Deposited: 10 Jul 2025 03:34
Last Modified: 10 Jul 2025 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82290

Actions (login required)

View Item View Item