Penerapan media pembelajaran berbasis youtube dalam peningkatan motivasi belajar anak kelompok B di RA Al Hidayah Krangtinggil Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ainin, Rahmania (2025) Penerapan media pembelajaran berbasis youtube dalam peningkatan motivasi belajar anak kelompok B di RA Al Hidayah Krangtinggil Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmania Ainin Permata_06020921052 OK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Rahmania Ainin Permata_06020921052 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 July 2028.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam penerapan media pembelajaran berbasi YouTube dalam meningkatkan motivasi belajar anak kelompok B di RA Al Hidayah Karangtinggil, Lamongan. Latar belakang penelitian ini diangkat dari permasalahan rendahnya semangat dan partisipasi aktif peserta didik dalam proses belajar mengajar cenderung monoton dan kurang menarik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, yang dilakukan dalam dua siklus. Terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan lembar kerja peserta didik. Penerapan media pembelajaran berbasis YouTube di RA Al-Hidayah Karangtinggil, Lamongan dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak. Guru menampilkan video pembelajaran sesuai dengan materi, menjelaskan isi video dengan bahasa yang sederhana, serta memberikan tugas melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang menarik, seperti menempel dan mengecap pada gambar. Anak-anak terlihat antusias, aktif bertanya, dan semangat dalam mengikuti kegiatan. Kegiatan ditutup dengan refleksi dan doa bersama. Hasilnya, penggunaan media YouTube dapat meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Peningkatan motivasi belajar anak terlihat secara bertahap berdasarkan hasil lembar observasi. Pada tahap pra siklus, motivasi belajar anak masih tergolong rendah dengan rata-rata hanya mencapai 30,35% dan termasuk dalam kategori Mulai Berkembang. Kemudian, pada siklus I pertemuan pertama terjadi peningkatan menjadi 42,85%, namun masih dalam kategori yang sama. Selanjutnya, pada pertemuan kedua siklus I, motivasi belajar anak meningkat menjadi 55,35% dan mulai masuk dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan. Peningkatan terus berlanjut pada siklus II pertemuan pertama dengan rata-rata 64,28%, tetap dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan. Puncaknya terjadi pada siklus II pertemuan kedua, di mana motivasi belajar anak mencapai rata-rata 85,71% dan telah masuk kategori Berkembang Sangat Baik. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis YouTube secara konsisten mampu meningkatkan motivasi belajar anak dari waktu ke waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ainin, Rahmania06020921052@student.uinsby.ac.id06020921052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorErfansya, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Anak
Motivasi Belajar
Media Sosial
Keywords: Media Pembelajaran; YouTube; Motivasi Belajar; Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Rahmania Ainin Permata
Date Deposited: 09 Jul 2025 01:50
Last Modified: 09 Jul 2025 01:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82348

Actions (login required)

View Item View Item