Penerapan teori Discrimination Learning perspektif Robert M. Gagne dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tiarani, Astrid (2010) Penerapan teori Discrimination Learning perspektif Robert M. Gagne dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover Astrid Tiarani_D31205001-2.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Penerapan Konsep Discrimination Learning Perspektif Robert M. Gagne dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. karena Realita yang ada, bahwa proses pembelajaran yang digunakan para Guru Pendidikan Agama Islam selama ini lebih banyak menggunakan metode ceramah, dimana Guru menjelaskan mengenai materi pelajaran dan siswa mendengarkan. Metode pembelajaran semacam ini kurang memberikan arahan pada proses pencarian, pemahaman, penemuan, dan penerapan. Serta menyebabkan peserta didik malas bahkan bosan belajar. Akibatnya, Pendidikan Agama Islam kurang dapat memberikan pengaruh yang berarti kepada kehidupan sehari-hari siswa. Agar pembelajaran menjadi berarti kepada kehidupan sehari-hari siswa, maka diperlukan Konsep Discrimination Learning Perspektif Robert M. Gagne meliputi Discrimination dalam bahan ajar yang diterima atau dipelajari oleh Siswa. Maka akan diperoleh hasil belajar yang baik.
Skripsi ini untuk menjawab permasalahan bagaimana analisis konsep Discrimination Learning perspektif Robert M. Gagne, dan bagaimana penerapan konsep dalam Discrimination Learning perspektif Robert M. Gagne dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan tujuan untuk mengetahui konsep belajar Discrimination Learning perspektif Robert M. Gagne dan untuk mengetahui penerapan konsep Discrimination Learning perspektif Robert M. Gagne dalam pembelajaran Pendidikan agama Islam.
Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah metode dokumenter. Dan teknik analisa data bersifat deskriptif, Dari penelitan ini metode yang digunakan adalah metode deduktif, induktif dan komparatif.
Dari penelitian ini, konsep belajar perspektif Robert. M. Gagne adalah Discrimination Learning yaitu belajar discriminasi untuk memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan, diskriminasi untuk mengembangkan masalah untuk dipecahkan dan diskriminasi untuk membuat sesuatu atau melakukan sesuatu yang bermanfaat di dalam kehidupan. Adapun jenis-jenis delapan syarat belajar atau tipe belajar dari Gagne yakni: Signal learning (belajar tanda, isyarat), Stimulus response learning (belajar merangsang jawaban), Chaining (mengikat, merantai), Verbal association (perkumpulan lisan), Discrimination learning (belajar diskriminasi), Concept learning (belajar konsep), Rule learning (belajar aturan), Problem solving (memecahkan masalah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tiarani, AstridUNSPECIFIEDD31205001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, M,mustofahuda819@gmail.com2012025701
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Teori Discrimination Learning; Robert M. Gagne
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 27 Jun 2022 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8247

Actions (login required)

View Item View Item