This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fatmawati, Diah Ayu (2025) Pengembangan media pembelajaran comic mathematics "comathics" berbasis aplikasi digital untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Diah Ayu Fatmawati_06020421036.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Diah Ayu Fatmawati_06020421036_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 14 July 2028. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarkbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Salah satu faktor yang memengaruhi minat belajar adalah penggunaan media pembelajaran. Alternatif yang dapat dilakukan adalah menggunakan media pembelajaran komik matematika dalam bentuk aplikasi digital yang menarik. Dalam penelitian ini dikembangkan media pembelajaran Comathics “Comic Mathematics” dalam bentuk aplikasi digital yang dirancang pada platform Storyboard That, Canva, Thunkable untuk meningkatkan minat sekaligus hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran Comathics untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu yaitu fase investigasi awal, fase pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas VII-I SMP Negeri 13 Surabaya. Data penelitian diperoleh menggunakan lembar catatan lapangan, angket validasi, respons siswa, angket minat belajar, dan tes. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik catatan lapangan, angket, dan tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji statistik yakni uji normalitas, uji-t dependent, dan menghitung nilai n-gain score. Hasil yang diperoleh adalah (1) Proses pengembangan yang meliputi fase investigasi awal yakni diperoleh informasi bahwa di SMP Negeri 13 Surabaya menggunakan kurikulum merdeka, media pembelajaran matematika kurang menarik. Peneliti juga menyiapkan kebutuhan yang diperlukan dalam perancangan media. Fase pembuatan prototipe, peneliti merancang seluruh isi media pembelajaran Comathics. Fase penilaian, peneliti melakukan validasi kepada ahli materi dan media serta melakukan uji coba terbatas pada kelas VII-I SMP Negeri 13 Surabaya. (2) Media pembelajaran Comathics masuk dalam kriteria valid berdasarkan rata-rata skor yang diberikan oleh validator ahli materi sebesar 3,2 dan pada kriteria sangat valid berdasarkan validator ahli media sebesar 3,5. (3) Media pembelajaran Comathics dinyatakan praktis dengan rata-rata persentase sebesar 80% pada kriteria sangat positif. (4) Media pembelajaran Comathics dinyatakan efektif dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar yang ditunjukkan melalui hasil uji-t dependent dari kedua data tersebut dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Peningkatan minat dan hasil belajar tersebut termasuk pada kategori sedang dengan nilai rata-rata skor n-gain sebesar 0,31 pada data minat belajar dan 0,41 pada data hasil belajar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Minat Siswa |
||||||||||||
Keywords: | Media pembelajaran; comathics; aplikasi digital; pengembangan; minat belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Diah Ayu Fatmawati | ||||||||||||
Date Deposited: | 14 Jul 2025 06:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Jul 2025 06:26 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |