This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Setiaputri, Alvina Nanda (2025) Pengembangan media wordwall berbantuan google site untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar pada mata pelajaran IPAS di MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Alvina Nanda Setiaputri_02041023012 OK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
Alvina Nanda Setiaputri_02041023012 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2028. Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media wordwall berbantuan google site supaya menjadi media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) materi perkembangbiakan secara generatif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research dan Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan: analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), penerapan (implementation) dan evaluasi (evaluation). Tahap analisis adalah tahapan untuk melakukan analisis kebutuhan, karakteristik peserta didik dan kurikulum. Pada tahap desain adalah melakukan perancangan pengembangan media secara detail dan rinci. Pada tahap pengembangan yaitu melakukan pengembangan media mulai dari tampilan, video pembelajaran, dan materi pembelajaran. Tahap penerapan adalah waktu uji coba media pembelajaran. Tahap terakhir yaitu evaluasi dengan mengukur keberhasilan tujuan dari pengembangan media pembelajaran. Media wordwall berbantuan goole site yang dibuat terdiri dari beberapa menu yaitu home, capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi, assessment, dan profil pengembang. Uji coba penelitian ini dilakukan pada 22 peserta didik MI Roudlotul Banat Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu (1) Proses pengembangan media pada tahap analisis memperoleh data tentang problematika pembelajaran IPAS yang terjadi di lapangan, (2) Penelitian menunjukkan bahwa media wordwall berbantu google site dinyatakan “ sangat valid” oleh validator ahli dengan rata-rata skor kevalidan sebesar 4,1 dengan persentase 82%; (3) Media wordwall berbantu google site dinyatakan praktis dengan sedikit revisi secara teori oleh ahli, sedangkan secara praktik oleh respon peserta didik memperoleh persentase 86% dan respon guru memperoleh persentase 95% sehingga dapat dikatakan “praktis”. 4) Hasil uji efektivitas menyatakan bahwa media wordwall berbantu google site dinyatakan “efektif” dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan minat belajar pada mata pelajaran IPAS berdasarkan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar |
||||||||||||
Keywords: | Pengembangan Media Wordwall; Google Site; Kemampuan Berpikir Kritis; Minat Belajar; Pembelajaran IPAS | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Alvina Nanda Setiaputri | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 01:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 01:09 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82641 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |