This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayah, Ainisya Syifaul (2025) Pengembangan e-lkpd terintegrasi lagu Jawa untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Ainisya Syifaul Hidayah_06020421031.pdf Download (14MB) |
![]() |
Text
Ainisya Syifaul Hidayah_06020421031_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 June 2028. Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD terintegrasi Lagu Jawa berbantuan Liveworksheets yang valid, praktis, dan efektif guna melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Produk yang dikembangkan diharapkan dapat menjadi solusi pembelajaran yang inovatif dengan mengintegrasikan unsur budaya lokal melalui Lagu Jawa dalam materi statistika. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Plomp lima tahap, yaitu tahap investigasi awal; tahap desain; tahap realisasi/konstruksi; tahap tes, evaluasi, dan revisi, serta tahap implementasi. Subjek uji coba yaitu 28 orang siswa kelas VIII-I di SMPN 2 Mojokerto. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik field note; teknik angket berupa angket validasi, angket kepraktisan ahli, angket respons siswa; teknik tes kemampuan berpikir kritis yang disusun berdasarkan indikator Perkins & Murphy. Data dianalisis dengan pendekatan statistik deskriptif melalui perhitungan skor rata-rata dan persentase untuk memperoleh kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: (1) Proses pengembangan E-LKPD untuk pembelajaran Kurikulum Merdeka berdiferensiasi konten yang menggunakan model Plomp lima tahap. Pada tahap investigasi awal diperoleh data tentang kebutuhan pembelajaran dan integrasi Lagu Jawa yang belum pernah dilakukan. Tahap desain, peneliti merancang E-LKPD. Tahap realisasi/konstruksi, peneliti mengembangkan prototipe E-LKPD. Tahap tes, evaluasi, dan revisi, peneliti memvalidasi dan memperbaiki E-LKPD. Tahap implementasi, peneliti menguji coba E-LKPD kepada siswa; (2) E-LKPD terintegrasi Lagu Jawa berbantuan Liveworksheets dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata total kevalidan 4,72; (3) E-LKPD dinyatakan praktis secara teori mendapatkan nilai rata-rata 96,89 yang termasuk kategori “A” dan secara praktik mendapatkan rata-rata kepraktisan siswa sebesar 80,90 dengan kategori “sangat praktis”; (4) E-LKPD dinyatakan efektif dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa dengan skor pada setiap indikator berada pada kategori “baik” (klarifikasi 76,54%, assessment (penilaian) 75,93%, strategi dan taktik 69,14%, serta inferensi 67,28%). Dengan demikian, E-LKPD ini layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran untuk mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Kebudayaan Jawa Matematika |
||||||||||||
Keywords: | E-LKPD terintegrasi lagu Jawa; liveworksheets; kemampuan berpikir kritis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Ainisya Syifaul Hidayah | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 02:14 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 02:14 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |