This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Annisa, Rahmatul Lailia (2025) Keefektifan model problem based learning (pbl) dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Rahmatul Lailia Annisa_06020420040.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Rahmatul Lailia Annisa_06020420040_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 18 July 2028. Download (8MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika membutuhkan pemahaman konsep dan logika tingkat tinggi. Banyak siswa yang kesulitan mengaitkan konsep dalam pemecahan masalah dapat mengakibatkan pemahaman konsep matematis yang masih rendah. Hal ini dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan yakni model problem based learning, karena siswa terlibat langsung dalam pembelajaran penyelesaian masalah nyata yang menerapkan konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematis siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model PBL dan untuk mendeskripsikan keefektifan model PBL dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Adapun indikator pemahaman konsep matematis meliputi menyatakan ulang konsep dengan bahasa sendiri, mengklasifikasikan objek – objek menurut sifat dan konsepnya, mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah, dan mengaitkan konsep baru menggunakan konsep sebelumnya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode sederhana simple random samping yang terpilih di dua kelas yaitu 10. 1 sebagai kelas kontrol dan 10. 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data yang digunakan dengan tes pemahaman konsep matematis terdiri dari soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dengan uji paired t test serta uji NGain score menggunakan bantuan software SPPS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Diperoleh nilai rata - rata posstest pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PBL sebesar 78,20 yang termasuk pada kategori tinggi. (2) Model pembelajaran PBL dinyatakan “efektif” dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis dengan perolehan nilai signifikansi 0,000 dan rata – rata nilai NGain 0,6 yang termasuk kategori peningkatan tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model PBL efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Metode |
||||||||||||
Keywords: | Pemahaman konsep matematis; problem based learning | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Rahmatul Lailia Annisa | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 02:22 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 02:22 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82845 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |