This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Widhad, Ana Luklukatul (2025) Persepsi guru dan kepala sekolah terhadap pendidikan literasi keuangan di tiga Taman Kanak-Kanak Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Ana Luklukatul Widhad_06020921023 full.pdf Restricted to Repository staff only until 24 July 2028. Download (2MB) |
![]() |
Text
Ana Luklukatul Widhad_06020921023.pdf Download (2MB) |
Abstract
Indonesia sebagai negara berkembang masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan pendidikan literasi keuangan, terutama di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Pendidikan literasi keuangan belum diterapkan secara serius dan terencana, sehingga pemahaman masyarakat dalam mengelola keuangan masih rendah. Literasi keuangan memiliki peran penting dalam membentuk individu yang bijak dalam mengatur keuangan sesuai dengan kebutuhannya. Oleh karena itu, pendidikan literasi keuangan sebaiknya diberikan sejak usia dini, khususnya pada anak-anak pra-sekolah, agar mereka terbiasa mengelola keuangan dengan baik di masa depan. Berdasarkan survei nasional tentang literasi dan inklusi keuangan yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2016, hanya sekitar 29,7 persen masyarakat yang memiliki pemahaman literasi keuangan yang baik. Rendahnya tingkat literasi keuangan ini menjadi salah satu faktor penyebab berbagai permasalahan keuangan yang dihadapi oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru dan kepala sekolah terhadap pendidikan literasi keuangan pada tingkat pendidikan anak usia dini, dengan studi kasus di TK Unggulan Annur, TK Adinda, dan TK Dharmawanita. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai tujuan utama penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta memahami fenomena yang terjadi secara mendalam dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh akan dianalisis secara sistematis untuk menemukan pola, makna, dan hubungan yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang lebih komprehensif mengenai subjek yang dikaji serta menjadi dasar bagi penelitian selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian dari TK Unggulan Annur, TK Adinda dan TK Dharma Wanita Wonocolo menunjukan bahwa literasi keuangan memiliki peran yang signifikan dalam membekali anak usia dini dengan keterampilan dasar pengelolaan keuangan untuk menghadapi tantangan ekonomi di masa depan. Kepala sekolah dan guru memiliki persepsi bahwa pemahaman konsep keuangan sejak dini dapat membantu anak dalam membedakan kebutuhan dan keinginan, mengelola uang secara bijak, serta menanamkan kebiasaan menabung sebagai bagian dari pembentukan karakter yang disiplin dan bertanggungjawab.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Guru Keuangan > Keuangan - Manajemen Pendidikan > Anak |
||||||||||||
Keywords: | Literasi keuangan; persepsi guru; kepala sekolah; Taman Kanak-Kanak | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Ana Luklukatul Widhad | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Jul 2025 11:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Jul 2025 11:20 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |