Problematika Guru Madrasah Diniyah dalam menerapkan kurikulum KTSP di Madrasah Diniah Miftahul Ulum 08 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yandi, M. Jufri (2010) Problematika Guru Madrasah Diniyah dalam menerapkan kurikulum KTSP di Madrasah Diniah Miftahul Ulum 08 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Jufri Yandi_D51206380.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Diniyah sebagai salah satu sektor yang paling penting dalam membentuk kepribadian yang bertaqwa dan berakhlakul karimah dan pembangunan nasional, dijadikan andalan utama yang berfungsi semaksimal mungkin dalam upaya meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, dimana iman dan takwa kepada Allah SWT menjadi sumber motivasi kehidupan segala bidang. Pendidikan madrasah diniyah juga di pandang salah satu aspek yang memiliki peranan pokok dalam membentuk generasi mendatang. Dengan pendidikan diniyah formal di harapkan dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dan bertanggung jawab serta mampu mengantisipasi masa depan.
Mengingat sangat pentingnya pendidikan diniyah formal itu bagi kehidupan, maka pendidikan diniyah harus dilaksanakan sebaik-baiknya dengan kurikulum KTSP sebagai kurikulum 2006 sehingga dapat memperoleh hasil yang di harapkan madrasah sebagai lembaga pendidikan formal merupakan tempat yang paling memungkinkan seseorang meningkatkan pengetahuan, dan paling mudah membina generasi muda yang dilaksanakan oleh pemerintah dan masyarakat. Belajar dengan kurikulum yang terarah dapat menghindarkan diri dari rasa malas dan menimbulkan kegairahan siswa dalam belajar, yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya kemampuan belajar murid/ santri. Sebagaimana uraian diatas, peneliti mengamati bahwa apabila kurikulum KTSP atau guru dalam menerapkan kurikulum KTSP dengan baik oleh semua unsur pendidikan (guru, murid, kepala sekolah, pegawai dan lain-lain) maka akan dapat memberikan pengaruh positif pada prestasi belajar siswa. Dari latar belakang di atas, maka penulis ingin mengetahui problematika madrasah diniyah dalam menerapkan kurikulum KTSP, berkaitan dengan metode, system, dan sarana belajar siswa, menemuan problematika kurikulum siswa dalam kaitanya dengan peningkatan prestasi belajar dan pengaruh kurikulum murid terhadap peningkatan prestasi belajar.
Penelitian ini bersifat deskriptif asosiatif yang bertujuan menggambarkan tingkat problematika dan hubungannya dengan penerapan guru. Sampel penelitian berjumlah 143 murid dari kelas I, II, III, IV, V dan VI Madrasah Diniyah Ula Miftahul Ulum 08 Surabaya dan diambil secara purpossive sampling dan dilengkapi dengan hasil observasi terhadap Pengurus Pondok, Aparat Madrasah dan guru yang berjumlah 22 orang. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Analisa data secara deskriptif dilakukan dengan distribusi frekuensi dan tingkat hubungan diukur dengan korelasi Rank Spearman dan koefisien kontingensi. Distribusi frekuensi dilakukan dengan rumus sebagai berikut :P = x 100 %
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat problematika murid lebih banyak tergolong tinggi, dan ada yang signifikan tingkat problematika dalam menerapkan kurikulum yang dihasilkan. Diperoleh koefisien korelasi Prosentase sebesar 70% dan koefisien kontingensi sebesar 30%. Upaya penerapan kurikulum yang dilakukan oleh para guru dengan menegakkan system secara ketat tentang kurikulum madrasah perlu diperbaiki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yandi, M. JufriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Profesionalisme Guru
Keywords: Problematika; Penerapan Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2010
Last Modified: 28 Jun 2019 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8324

Actions (login required)

View Item View Item