This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Dewi, Rosa (2025) Pengembangan pembelajaran Bahasa Inggris berdasar metode TPR (Total Physical Response) di MIN 1 Kota Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Rosa Dewi_02041022013.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Rosa Dewi_02041022013_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 3 September 2028. Download (10MB) |
Abstract
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris digunakan untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Inggris dan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris di madrasah. Kurangnya variasi metode pembelajaran yang dapat melatih keterampilan berbicara bahasa Inggris merupakan salah satu penyebab rendahnya kemampuan siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu adanya pengembangan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan desain pengembangan Pengembangan Pembelajaran Bahasa Inggris Berdasar Metode TPR (Total Physical Respon) Di MIN 1 Kota Surabaya. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi metode TPR pada pembelajaran Bahasa Inggris di MIN 1 Kota Surabaya. 3) Untuk menguraikan penggunaan metode TPR mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitalif. Subjek pada penelitian ini adalah 27 peserta didik IV C MIN 1 Kota Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan tes. Data yang telah dikumpulkan akan dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Desain dari metode yang dikembangkan mengacu pada kebutuhan dan kondisi di lapangan yang dibuat menggunakan Metode TPR (Total Physical Respon), Pembelajaran bahasa Inggris berdasar metode TPR di MIN 1 kota Surabaya memuat materi bahasa Inggris kelas IV C semester 2 “Telling time". Adapun isi materi meliputi, What time is it ? it is seven o’clock, it is half past seven, it is a quarter to nine. Is it ten o’clock? Yes it is/ no it is not 2) Pembelajaran bahasa Inggris berdasar metode TPR di MIN 1 kota Surabaya bernyanyi tentang lagu Telling time, menghafalkan kosa kata, membuat gambar jam sesuai kegitan dan pratice speaking bersama teman 3) Hasil pembelajaran telling time dari kelas kontrol dan kelas eksperimen yang telah di hitung, respon yang diberikan siswa terhadap pembelajaran bahasa Inggris berdasar metode TPR menunjukkan rata-rata persentase kelas kontrol sebesar 87% dan 92% rata-rata persentase kelas eksperimental sebesar 88% dan 93% dengan ini dapat di simpulkan nilai kelas eksperimental lebih unggul dibanding dengan nilai kelas kontrol jadi untuk mengetahui apakah menggunakan metode TPR ada peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris di banding dengan tidak menggunakan TPR dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar | ||||||||||||
Keywords: | Pengembangan pembelajaranBahasa Inggris; metode TPR (Total Physical Respon) | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Rosa Dewi | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 03:21 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 03:22 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83930 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |