Pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menghadapi era society 4.0 melalui kurikulum merdeka belajar di SMA Mahardhika Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamdi, Alif (2025) Pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menghadapi era society 4.0 melalui kurikulum merdeka belajar di SMA Mahardhika Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alif Hamdi Tamimi_10020320035.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alif Hamdi Tamimi_10020320035_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 September 2028.

Download (3MB)

Abstract

Dalam menghadapi era Society 4.0 manusia ditunut untuk bisa beradaptasi mengikuti perkembangan zaman, karena di era tersebut kemajuan teknologi telah berkembang pesat. Tentu sumber daya manusia juga perlu ditingkatkan agar dapat memberikan keseimbangan terhadap kemajuan teknologi yang ada, terlebih lagi pada ranah pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami bagaimana strategi ajar guru sosiologi di SMA Mahardhika Surabaya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa serta bagaimana bentuk interaksi yang terjalin diantara guru dan siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Serta menggunakan teori pedagogi kritis Paulo Freire dan teori konstruksi sosial Peter L. Berger sebagai pisau analisis pada penlitian ini Hasil dari penelitian ini yang pertama, terdapat beberapa strategi guru sosiologi dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa diantaranya, sharing-hearing terhadap peristiwa sosial, mengedepankan interaksi dua arah, merumuskan sebuah pertanyaan atas isu sosial, melakukan penelitian terhadap jurnal dan peristiwa sosial, serta pemberian tugas berbasis project sosial. Dan yang kedua guru sosiologi membangun pembelajaran melalui interaksi timbal balik dengan tidak terpusat pada guru sebagai dominasi di kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamdi, Alifalifhamdi25@gmail.com10020320035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIsmail, Muchammadmuhammad.ismail@uinsa.ac.id2003058001
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Kurikulum
Sosiologi
Keywords: Berpikir kritis; society 4.0; kurikulum merdeka belajar
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: ALIF HAMDI TAMIMI
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:47
Last Modified: 11 Sep 2025 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/83966

Actions (login required)

View Item View Item