Pengaruh penggunaaan media pembelajaran digital angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU 200 Kureksari Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dhowi, Maulidah Mega Cantika Soviana (2025) Pengaruh penggunaaan media pembelajaran digital angka dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU 200 Kureksari Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maulidah Mega Cantika Soviana Dhowi_06020921044 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Maulidah Mega Cantika Soviana Dhowi_06020921044 Full.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengembangan kemampuan berhitung sebagai salah satu aspek kognitif utama dalam pendidikan anak usia dini. Anak usia 4–5 tahun berada pada masa perkembangan pesat yang membutuhkan stimulasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mereka, yaitu pembelajaran yang konkret, visual, dan menyenangkan. Penggunaan media pembelajaran digital angka menjadi salah satu alternatif inovatif yang dinilai mampu mendukung proses belajar berhitung secara lebih efektif dan interaktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran digital angka terhadap peningkatan kemampuan berhitung anak usia 4–5 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen tipe one group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian adalah 10 anak kelompok A di TK Muslimat NU 200 Kureksari Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrumen tes kemampuan berhitung yang dikembangkan berdasarkan indikator penguasaan angka, menghitung benda, penjumlahan sederhana, dan membandingkan kuantitas. Hasil analisis data menggunakan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berhitung anak sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran digital angka. Rata-rata skor anak meningkat secara signifikan setelah diberikan perlakuan. Media digital memberikan pengalaman belajar yang menarik melalui tampilan visual, animasi, suara, dan aktivitas interaktif yang memudahkan anak memahami konsep angka dan berhitung secara menyenangkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital angka berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak usia 4–5 tahun. Penggunaan media ini dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif bagi guru dalam merancang kegiatan belajar yang sesuai dengan perkembangan anak usia dini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dhowi, Maulidah Mega Cantika Sovianammegac623@gmail.com06020921044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Thesis advisorWahyuni, Akhtimakhtimwahyuni@yahoo.com2020037303
Subjects: Guru
Metode Pembelajaran
Persepsi Guru
Keywords: Media pembelajaran digital; kemampuan berhitung; anak usia dini; teknologi pendidikan; PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Maulidah MA Megac
Date Deposited: 12 Sep 2025 09:08
Last Modified: 12 Sep 2025 09:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84055

Actions (login required)

View Item View Item