Strategi tim kampanye Muhammad Al-Barra dan Muhammad Rizal Oktavian pada pemilihan bupati Mojokerto 2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Magfiroh, Irfatul (2025) Strategi tim kampanye Muhammad Al-Barra dan Muhammad Rizal Oktavian pada pemilihan bupati Mojokerto 2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irfatul Magfiroh_10010121013 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Irfatul Magfiroh_10010121013 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 September 2028.

Download (2MB)

Abstract

Pemilihan kepala daerah kabupaten Mojokerto tahun 2024 merupakan sebuah momentum yang sangat penting dalam kontekstasi politik lokal, dimana hal ini akan menunjukkan dinamika strategi kampanye antar pasangan calon. Permasalahan yang dikaji dalam menganalisis bagaimana strategi Tim Kampanye pasangan Barra-Rizal dalam kemenangan pilkada mojoketo 2024. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data seperti ;wawancara mendalam, opservasi non-partisipan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, verifikasi data. Teori yang digunakan adalah teori marketing politik dan teori Patronase. Dari hasil penelitian ini ditemukan terkait strategi tim kampanye Barra-Rizal bahwa; pertama pasangan Barra-Rizal menggunakan 4 strategi kampanye secara garis besar dengan menggunakan teori marketing politik niffeneger, yakni strategi produk, strategi promosi, strategi price dan strategi place. Strategi produk yang digunakan meliputi platfom partai, rekam jejak dan karakteristik individu. Strategi promosi dalam hal ini promosi yang digunakan untuk menarik Masyarakat yakni dengan kampanye melalui media sosial dan cetak, safari politik dan pengajian umum, kampanye door to door, jingle atau slogan kampanye, debat dan dialog publik. Startegi place bahwa hal ini mencakup banyaknya dana kampanye yang dikeluarkan selama periode kampanye tidak hanya itu citra psikologis juga digunakan karena ini mengacu pada persepsi psikologis yang dialami pemilih. Dan yang terakhir strategi place dimana pasangan Barra-Rizal ini melakukan kampanye kepada golongan masyarakat yang memiliki perbedaan paham agama, dan komunitas budaya. Selain itu pasangan ini juga berkunjung ke berbagai desa, pasar rakyat serta tempat ibadah guna meraup suara masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Magfiroh, Irfatulirfatulmaghfiroh16@gmail.com10010121013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Andiandisuwarko@uinsa.ac.id2010117401
Subjects: Kepala Daerah
Partai Politik
Pemilihan Umum
Keywords: Strategi kampanye; Marketing politik; Tim Kampanye pilkada Mojokerto 2024
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: irfatul maghfiroh
Date Deposited: 11 Sep 2025 13:53
Last Modified: 11 Sep 2025 13:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84074

Actions (login required)

View Item View Item