Pengembangan metode Maisuro dalam menghafal al-quran tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Noer, Syaifudin (2022) Pengembangan metode Maisuro dalam menghafal al-quran tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Sidoarjo. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syaifudin Noer_F13118028 OK.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Syaifudin Noer_F13118028 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 September 2028.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan menghafal peserta didik di SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo belum sesuai dengan standar nilai KKM sekolah. Data hasil ujian pada tahun pelajaran 2019/2020 menunjukkan rata-rata nilai di angka 69,8. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode menghafal yang dapat meningkatkan kemampuan hafalan peserta didik baik dari sisi kelancaran dan kekuatan hafalan. Berdasarkan metode Ilham sebelumnya, penulis mengembangkan sebuah metode Maisuro untuk menghafal Al-Quran. Ada empat pokok permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana pembelajaran menghafal Al-Quran di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo?; (2) bagaimana desain pengembangan metode Maisuro?; (3) bagaimana efektivitas pembelajaran menghafal Al-Quran metode Maisuro?; (4) bagaimana respon guru serta peserta didik dalam pembelajaran menghafal metode Maisuro? Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik SMP Insan Cendekia Mandiri Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental. Data penelitian ini dikumpulkan mengunakan teknik wawancara, dokumentasi, observasi, angket dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan analisis kuantitatif menggunakan uji one-way Anova. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah kurang maksimalnya pembelajaran menghafal Al-Quran disebabkan oleh empat problem, yaitu (1) motivasi peserta didik yang rendah; (2) peserta didik kesulitan mengulangi atau mengikuti bacaan guru; (3) peserta didik kesulitan menyambungkan satu ayat dengan ayat yang lain; dan (4) kurangnya kontrol dalam mura>ja’ah hafalan ketika di luar pembelajaran. Model pengembangan metode Maisuro berdasarkan pada empat teori dasar belajar dan lima teori pengembangan serta tahapan pembelajaran langsung yang kemudian melahirkan tujuh tahapan menghafal sesuai dengan akronim: motivasi, amati, ikuti, sambung ayat, uji ayat dan olah ayat. Metode ini lebih efektif dari metode sebelumnya dibuktikan dari hasil pre test dan post test dengan selisih rerata sebesar 12. nilai rata-rata angket respon guru sebesar 88,0 dan nilai rata-rata angket respon peserta didik 88,10 yang menyatakan setuju jika metode ini dijadikan sebagai metode menghafal Al- Quran, karena membantu melancarkan dan menguatkan hafalan peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Noer, SyaifudinSyaificm@gmail.comF13118028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAziz, Moh.Ali--2009065701
Thesis advisorAsrohah, Hanun--2010046801
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Metode Maisuro; Menghafal Al-Quran; Mnemonic
Divisions: Program Doktor > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syaifudin Noer
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:28
Last Modified: 08 Sep 2025 02:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84104

Actions (login required)

View Item View Item