Peran villa sumatra coffee company dalam gastrodiplomasi kopi Indonesia di Mesir tahun 2020-2024

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyohadi, Rizka Indah (2025) Peran villa sumatra coffee company dalam gastrodiplomasi kopi Indonesia di Mesir tahun 2020-2024. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Indah Setyohadi_10040221096.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Rizka Indah Setyohadi_10040221096_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 September 2028.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kopi Indonesia banyak diminati oleh masyarakat Mesir karena aroma dan cita rasanya yang khas. Selain itu, eksistensi kopi Indonesia di Mesir juga didukung oleh serangkaian strategi gastrodiplomasi Indonesia, seperti memberikan fasilitasi pertemuan pelaku usaha Indonesia dengan calon buyer dan importir Mesir, partisipasi pada berbagai kegiatan atau event promosi. Pemerintah Indonesia juga menggandeng para diaspora dan mahasiswa Indonesia di Mesir, menyelenggarakan workshop kopi serta memanfaatkan berbagai media dalam mempromosikan kopi Indonesia. Kemudian, peneliti menemukan bahwa Villa Sumatra Coffee Company sebagai aktor non-state secara aktif mempromosikan kopi Indonesia. Villa Sumatra Coffee Company, perusahaan yang secara khusus menawarkan kopi spesialti asal Indonesia dan memasarkannya dengan nilai nilai lokal kopi Indonesia. Hal inilah yang kemudian menarik bagi peneliti untuk mengetahui peran Villa Sumatra Coffee sebagai aktor non negara dalam mendukung gastrodiplomasi Indonesia di Mesir. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif deskriptif, sehingga data yang diperoleh akan dinarasikan untuk memahami makna. Penelitian ini menemukan bahwa Villa Sumatra Coffee Company sebagai pelaku diplomasi menggunakan kopi sebagai objek diplomasi, dengan fasilitasi dari pemerintah Indonesia, hal tersebut menunjukkan legitimasi dan efektivitas sekaligus mengaburkan batas antara urusan domestik dan internasional. Peran Villa Sumatra Coffee Company dalam gastrodiplomasi Indonesia terangkum dalam inisiatif ala Juyan Zhang yaitu product marketing strategy, food event strategy, coalition building strategy, dan media relation strategy.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyohadi, Rizka Indahrizkaindahsty@gmail.com10040221096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHidayatullah, Nurnur.luthfi.hidayatullah@uinsby.ac.id2009049102
Subjects: Politik Internasional
Keywords: Kopi Indonesia; strategi gastrodiplomasi; Villa Sumatra Coffee Company
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Rizka Setyohadi
Date Deposited: 18 Sep 2025 05:09
Last Modified: 18 Sep 2025 05:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84259

Actions (login required)

View Item View Item