Strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan komunikasi antar pendidik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Indonesia Jeddah Arab Saudi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiroh, Arini Zahwatul (2025) Strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan komunikasi antar pendidik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Indonesia Jeddah Arab Saudi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Arini Zahwatul Khoiroh_06020322024 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Arini Zahwatul Khoiroh_06020322024 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 October 2028.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan komunikasi antar pendidik guna meningkatkan kualitas pendidikan di Sekolah Indonesia Jeddah, Arab Saudi. Komunikasi yang efektif antar pendidik merupakan kunci penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kolaboratif, sinkron, dan kondusif. Sekolah Indonesia Jeddah sebagai sekolah satu atap yang menaungi berbagai jenjang pendidikan, menghadapi tantangan kompleks dalam hal koordinasi dan komunikasi antar guru dari jenjang yang berbeda. Oleh karena itu, penelitian ini memfokuskan pada strategi komunikasi yang diterapkan oleh kepala sekolah, faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapannya, serta dampaknya terhadap mutu pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam mengoptimalkan komunikasi antar pendidik dilakukan melalui peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal, pemanfaatan media komunikasi yang tepat, pemberian ruang dialog yang konstruktif, serta pemberdayaan guru dalam pengambilan keputusan sekolah. Peningkatan kualitas pendidikan di Sekolah Indonesia Jeddah juga diwujudkan melalui kebijakan yang fleksibel, program beasiswa bagi tenaga pendidik, kebijakan pengadaan sarana, serta peningkatan alokasi biaya. Seluruh strategi tersebut berjalan selaras dengan upaya sinkronisasi antara komunikasi kepala sekolah dan pendidik untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan pendidikan secara berkelanjutan. Penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan peningkatan kualitas pendidikan pendidikan di Sekolah Indonesia Jeddah sangat dipengaruhi oleh kemampuan kepala sekolah dalam membangun komunikasi yang terbuka, partisipatif, dan berorientasi pada kolaborasi dengan seluruh pendidik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiroh, Arini Zahwatularinizahwa18@gmail.com06020322024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah, Mukhlishahmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Subjects: Guru
Kepala Sekolah
Komunikasi
Manajemen Pendidikan
Pendidikan
Keywords: Strategi Kepala Sekolah; Komunikasi Antar Pendidik; Kualitas Pendidikan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Arini Zahwatul Khoiroh
Date Deposited: 20 Oct 2025 01:03
Last Modified: 20 Oct 2025 01:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84832

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item