Internalisasi nilai- nilai pendidikan multikultural dalam membentuk sikap inklusivisme: studi multi kasus Majelis Maiyah Mocopat Syafaat Yogyakarta dan maejlis sabilu taubah pusat Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prastio, M. Adam (2024) Internalisasi nilai- nilai pendidikan multikultural dalam membentuk sikap inklusivisme: studi multi kasus Majelis Maiyah Mocopat Syafaat Yogyakarta dan maejlis sabilu taubah pusat Blitar. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Adam Prastio_02040823040.pdf

Download (3MB)
[img] Text
M Adam Prastio_02040823040_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 October 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses internalisasi nilai pendidikan multikultural dalam membentuk sikap inklusivisme dengan studi multi kasus di Majelis Maiyah dan Majelis Sabilu Taubah. Pendidikan multikultural menjadi pendekatan penting untuk mengatasi tantangan keberagaman budaya, agama, dan etnis di masyarakat. Dalam konteks ini, kedua majelis tersebut menjadi ruang pendidikan informal yang tidak hanya menanamkan nilai-nilai keagamaan tetapi juga membentuk sikap inklusif di tengah keberagaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internalisasi nilai multikultural di kedua majelis dilakukan melalui metode dialogis, diskusi lintas budaya, dan refleksi bersama. Nilai-nilai seperti toleransi, penghormatan terhadap perbedaan, dan keadilan sosial diajarkan secara kontekstual melalui kegiatan rutin majelis. Majelis Maiyah, dengan pendekatan budaya dan dialog terbuka, berfokus pada membangun kesadaran kolektif akan pentingnya keberagaman sebagai aset sosial. Sementara itu, Majelis Sabilu Taubah mengintegrasikan nilai-nilai multikultural dalam ajaran keagamaan dengan menekankan pentingnya kebersamaan dan harmoni lintas kelompok. Kedua Majelis tersebut berhasil membentuk sikap inklusif di kalangan jamaah, yang tercermin dalam tindakan sosial mereka sehari-hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prastio, M. Adamadamprasetyo701@gmail.com02040823040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, M. Yunus Abuelyunusy@gmail.com; elyunusy@uinsby.ac.id2015036501
Subjects: Islam dan Humanisme
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pendidikan multikultural; inklusivisme; Majelis Maiyah; Majelis Sabilu Taubah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adam Prastio Muhammad
Date Deposited: 28 Oct 2025 02:35
Last Modified: 28 Oct 2025 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/84938

Actions (login required)

View Item View Item