Pengaruh pengetahuan investasi, influencer keuangan, dan return terhadap minat investasi reksa dana syariah di kalangan generasi z: studi pada Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pikaso, Adi (2024) Pengaruh pengetahuan investasi, influencer keuangan, dan return terhadap minat investasi reksa dana syariah di kalangan generasi z: studi pada Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adi Pikaso_G94219128.pdf

Download (23MB)
[img] Text
Adi Pikaso_G94219128_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 November 2028.

Download (23MB)

Abstract

Reksa Dana Syariah merupakan instrumen investasi sebagai wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan ke dalam portofolio efek syariah oleh manajer investasi. Pasca Pandemi Covid-19 mereda di Indonesia, pertumbuhan reksa dana syariah di Indonesia masih belum terlihat baik. Hal tersebut terlihat dari Pertumbuhan Nilai Aset Bersih (NAB) pada Laporan Keuangan Syariah Tahun 2022 yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan memahami pengaruh pengetahuan investasi, influencer keuangan, dan return terhadap minat investasi reksa dana syariah di kalangan generasi Z. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan regresi linier berganda sebagai teknik analisisnya. Populasi yang digunakan penelitian ini adalah masyarakat generasi Z di Kota Surabaya. Adapun sampel yang digunakan adalah Generasi Z Kota Surabaya sebanyak 100 responden dengan kriteria mengetahui instrumen investasi reksa dana syariah dan mengetahui influencer keuangan di sosial media. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pengetahuan investasi, influencer keuangan, dan return secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat investasi reksa dana syariah. Kemudian, pengetahuan investasi, influencer keuangan, dan return secara simultan juga berpengaruh signifikan terhadap minat investasi reksa dana syariah. Variabel pengetahuan investasi, influencer keuangan, dan return secara simultan menyumbangkan pengaruh sebesar 71,5% terhadap variabel minat investasi reksa dana syariah. Disarankan untuk pihak pemerintah, praktisi investasi, serta akademisi dapat berkolaborasi untuk menghasilkan program-program yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat luas agar tertarik menjadi investor di pasar modal syariah, khususnya pada produk reksa dana syariah. Serta, return pada reksa dana syariah dapat ditingkatkan sehingga mampu untuk menarik minat masyarakat untuk berinvestasi di reksa dana syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pikaso, Adiariesaja201@gmail.comG94219128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNawangsari, Ajeng Titaajeng.tita@uinsa.ac.id--
Subjects: Ekonomi Islam
Investasi
Keuangan
Keywords: Minat investasi; reksa dana syariah; influencer; generasi z
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Adi Pikaso
Date Deposited: 07 Nov 2025 01:45
Last Modified: 07 Nov 2025 01:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/85025

Actions (login required)

View Item View Item